Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PAN Tapanuli Selatan merekomendasikan dua nama untuk diusung menjadi bakal calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang, yaitu Zulkifli Hasan dari internal dan Anies Baswedan dari eksternal. 

Ketua DPD PAN Tapsel, H Borkat, SSos, MM didampingi Sekretaris DPD H Buyung M Holil, ST,  Bendahara Turmiji Harahap, ST mengemukakan hal itu di sela rakerda yang digelar di Solo PAN Padang Sidimpuan, Jumat (24/6/2022).

Menurut Borkat, penetapan dua nama capres itu sesuai dengan amanah DPP PAN dan DPW, yang mengharuskan seluruh DPD PAN kabupaten/ kota di Indonesia mengusulkan nama-nama capres, yang selanjutnya akan dijadikan acuan oleh DPP untuk menetapkan capres melalui Rakernas nanti. 

"Dalam penilaian DPD PAN Tapsel figur Zulkifli Hasan yang sudah sarat pengalaman, baik di bidang pemerintahan maupun berkarier di legislatif sebagai ketua MPR, sangat layak diusulkan menjadi calon presiden," kata Borkat, yang juga Wakil Ketua DPRD Tapsel. 

Sementara sosok Anies Baswedan, sebut Borkat, juga merupakan figur yang sangat kompeten, karena selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, banyak menorehkan prestasi gemilang. 

"Selain itu dalam berbagai survei yang dilakukan setahun terakhir ini, nama Anies juga selalu masuk tiga besar dan namanya semakin meroket pasca suksesnya gelaran Formula E, " kata Borkat. 

Sedangkan, untuk bakal calon kepala daerah pada perhelatan Pilgubsu dan Pilkada kabupaten/ kota nanti, sebut Borkat, DPD PAN Tapsel merekomendasikan agar PAN dapat memunculkan (mengutamakan) kandidat dari internal partai. 

Ketua panitia Rakerda Sawal Pane SE melaporkan, Rakerda yang diikuti 12 pimpinan DPC tersebut dan dibuka Ketua DPW PAN Sumut Ahmad Fauzan Daulay itu, juga diikuti anggota DPRD PAN dari Fraksi PAN. 

Pada kesempatan itu, Fauzan menyampaikan, penjaringan bakal calon kepala daerah (gubernur dan wakil gubernur) Sumatera Utara dan capres untuk Pilgubsu dan Pilpres 2024, PAN menerapkan pola bersifat bottom-up (dimulai dari bawah).

Penjaringan bakal cagubsu dan cawagubsu melalui Rakerda akan dibawa ke Rakerwil yang akan digelar pada Juli nanti. "Sedangkan, pengusungan nama bakal capres juga dibahas di Rakerwil, sebelum dibawa ke Rakernas PAN," ujarnya.

Fauzan menambahkan, pola penjaringan yang bersifat bottom-up itu merupakan wujud kepedulian pimpinan DPP PAN terhadap aspirasi kader partai di tingkat akar rumput (grass-root).

Pewarta: Rel

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022