Pemerintah Amerika Serikat (AS) memberi tiga lukisan karya seniman Medan di Pameran Ilustrasi 2021 untuk Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Pelaksana Tugas Dubes AS untuk Indonesia Michael Kleine di Medan, Jumat, mengatakan pameran lukisan Konsulat AS untuk Sumatera dengan melibatkan seniman di Medan merupakan salah satu yang menggambarkan kerja sama baik yang dan kuat antara AS-Indonesia.

Tiga lukisan diberikan ke Dinas Kesehatan Sumut yang diterima Kepala Dinas Ismail Lubis, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut diterima Kepala Dinas Zumri Sulthony, dan Dinas Kehutanan Sumut.

Pameran lukisan di Medan diadakan pada November 2021 yang dibuka Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Kim.

Penutupan pameran lukisan di rumah dinas Konsul AS untuk Sumatera Gordon Church yang sekaligus menggelar acara perayaan ulang tahun AS.

Menurut dia, lukisan yang diberikan untuk mengingatkan hubungan baik antara Indonesia dan AS.

Apalagi, katanya, lukisan-lukisan itu menggambarkan kondisi Kota Medan atau Sumut, seperti becak Medan dan Menara Air PDAM Tirtanadi.

Michael Kleine yang didampingi Konsul AS untuk Sumatera Gordon Church dan Wakil Konsul AS untuk Sumatera Jessica Chesbro menegaskan bahwa hubungan baik AS dan Indonesia semakin meningkat di segala bidang, termasuk mendukung lingkungan sehat.

Pemerintah AS misalnya sedang membangun Kantor Konsulat AS di Medan dengan penghijauan yang maksimal.

Konsul AS untuk Sumatera Gordon Church mengapresiasi kemampuan pelukis untuk menggambarkan Kota Medan. "Pameran dan hasil lukisan telah membawa Indonesia ke rumah saya," ujarnya.

Pameran lukisan itu, katanya, menunjukkan kemitraan strategis AS-Indonesia yang sedang berjalan.

Pelukis Arief Siregar (Digidoy) mengaku merasa bangga bahwa hasil seninya dihargai Pemerintah AS.

"Suatu kebanggaan tersendiri hasil lukisan yang menggambarkan ikon-ikon Kota Medan dan Sumut dihargai Pemerintah AS," katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022