Untuk mewujudkan generasi yang kuat, sehat dan pintar, Plt Bupati Padang Lawas ( Palas) drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu ( AZP) mengajak seluruh warga masyarakat Kabupaten Palas khsusnya para orangtua supaya bersama - sama mensukseskan kegiatan bulan imunisasi anak nasional ( BIAN) tahun 2022. Ajakan ini disampan AZP dalam kutipan sambutannya, pada acara kegiatan pembukaan pencanangan BIAN, di SD Negeri 0107 Tanjung Botung, Kecamatan Barumun, Kamis ( 23/6/) siang.

" Kegiatan ini ( Bulan imunisasi anak) sebagai upaya proteksi kita terhadap para generasi bangsa. Karena mereka anak - anak kita di Kabupaten Padang Lawas ini adalah calon pemimpin masa depan yang harus dipersiapan, lebih kuat, sehat dan pintar dari kita semua kedepan".kata AZP.

" Untuk itu, jangan kita sempat lengah dan meninggalkan generasi yang lemah dimasa yang akan datang. Kita harus godok mereka ( anak - anak genersi Palas), supaya menjadi generasi emas yangbdapat bersaing dengan daerah lain dan membanggakan bagi kita semua kelak".sambung AZP.

Baca juga: Liga Santri piala KASAD resmi dibuka di Palas, Plt Bupati : jaga sportivitas

Untuk pelaksanaan program yang sama ( Bulan imunisasi anak Nasional / BIAN) di Palas, dikesempatan ini AZP,  juga menginstruksikan kepada para kepala sekolah dan guru tingkat SD sederajat di Kabupaten Palas, supaya bersama - sama dan bekerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan dan stakeholder lainnya, mesukseskan kegiatan imunisasi tersebut. 

AZP juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh para anak - anak sekolah setempat yang telah turut partisipasi mengikuti kegiatan imunisasi anak pada rangkaian acara pencangan bulan imunasasi nasional tingkat Palas ini. Melalui kegiatan imunisai itu, ia berharap, dapat meningkatkan kekebalan tubuh seluruh peserta anak - anak sekolah setempat, juga semakin sehat dan terhindar dari serangan penyakit kedepan, seperti campak, Rubella dan hepatitis B.

"Kiranya juga kegiatan ini diridhoi Allah SWT dan membawa berkah bagi kita semua, termasuk anak - anak peserta yang kita sayangi bersama kedepan, amin".tutur AZP.

Sebelumnya, Plt Kadis Kesehatan Palas Amelia Roitona SKM menyebutkan target sasaran BIAN untuk kategori imunisasi kejar di Palas, OPV (Oral Polio Vaccine) 2.844 Orang. IPV (Inactivated Polio Vaccine) 3.032 orang. DPT - HB- Hib (Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B dan Hib) 862 orang. Sasaran Campak Rubella usia 9 sampai 59 bulan 17.472 orang. Usia 5 tahun sampai dibawan 7 tahun 6.488 Orang. Usia 7 tahun sampai hingga dibawah 12 tahun 29.692 orang.

Usia 12 tahun sampai 15 tahun 13.823 Orang.

Kepala Sekolah SDN 0107 Tanjung Botung Yusra Pulungan S.Pdi mengucapkan selamat datang dan terimakasih, kepada Plt Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu dan Ketua Plt TP PKK Palas Hj Emma Nurul Ahmad Zarnawi dan rombongan diacara ini. 

"Mohon juga kepada bapak Plt Bupati dan dan ibu Plt Ketua TP PKK, beserta seluruh rombongan dan tamu undangan kami apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penyambutan diacara ini. Kiranya melalui kegiatan ini dapat mempererat hubungan silaturrahmi kita semua. Dan bermanfaat bagi kita semua, khususnya kepada anak - anak kita peserta kegiatan disekolah ini kedepan, amin".ujarnya.

Acara ini turut dihadiri Kadis Kominfo Palas Agustina Ritonga SH, Kadis Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Palas Hj Markiah Hasibuan, Asisten III Pemkab Palas H Amir Soleh Nasution, Kepala Desa Tanjung Botung Lompo Hasibuan dan sejumlah tamu undangan lainnya.
 

Pewarta: Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022