Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta 1.077 jamaah calon haji (JCH) asal Kota Medan agar fokus melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di Tanah Suci, Arab Saudi.

"Tetap fokus melaksanakan seluruh ibadah haji, dan yakinlah Allah SWT juga akan menjaga keluarga yang ditinggalkan," terang Bobby usai membuka bimbingan manasik haji akbar 2022 di Asrama Haji Medan, Sumut, Sabtu.

Sebab, lanjut dia, pihaknya menginstruksikan jajaran kecamatan dan kelurahan agar menjaga keluarga dan rumah yang ditinggalkan calhaj selama menunaikan rukun Islam kelima itu.

Wali kota juga memerintahkan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Medan M Sofyan melalui camat dan lurah menjaga keamanan rumah calhaj di wilayah masing-masing.

"Semoga ini bisa membuat para calhaj tenang, dan khusyuk selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Mari sama-sama kita pastikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," pesannya.

Selain itu, Pemkot Medan melalui Dinas Kesehatan juga menyediakan layanan tes PCR gratis bagi 1.077 orang calhaj sehari sebelum bertolak ke Tanah Suci dari Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Data Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji Embarkasi Medan 2022 menyebut 3.777 jamaah Sumatera Utara ke Tanah Suci tergabung dalam 10 kelompok terbang dengan penerbangan perdana 11 Juni 2022 pukul 21.30 WIB.

"Satu hari sebelum berangkat, calhaj melaksanakan tes PCR yang disediakan Pemkot Medan di Gedung PKK Kota Medan, Jalan Rotan. Sebisa mungkin kita memberikan fasilitas terbaik untuk masyarakat," ujar Bobby.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022