Dua para layang asal Dusun Garoga, Desa Sarogodung, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) ikut ambil bagian pada Kejuaraan Trip Para layang Indonesia dan Bhakti Sosial TNI AU Tahun 2022 di Jambi.

Kedua atlet para layang putera daerah Tapsel tersebut bernama Iqmal Yunus Nasution dan Mahlul Yusuf Siagian dan keduanya sudah berlatih sejak 2020 lalu.

Kepada ANTARA di Sipirok, Selasa (31/5), Raja Doli Siregar selaku pendamping mengatakan, mental dan fisik  kedua atlet tersebut boleh dikatakan sudah siap mengikuti kejuaraan Para Layang Jambi tersebut.

"Karenanya mohon doa dan dukungan semua masyarakat Tapsel dan Sumatera Utara umumnya termasuk materi. Apalagi rombongan tim atlet menuju Jambi, Senin 6 Juni mendatang," katanya.

Mengikuti kejuaraan para layang di Jambi tersebut, kata dia, merupakan persyaratan kedua atlet paralayang Tapsel ini mengikuti PON 2024 Sumut Aceh. Sekaligus mengharumkan membawa nama daerah.

"Adapun kategori kejuaraan yang diikuti pilot para layang Iqmal dan Mahlul yang memiliki dua parasut pada tanggal 10-12 Juni 2022 di Jambi adalah ketepatan mendarat," sebutnya.

Kedua atlet ini sebelumnya sudah berlatih di Puncak Sarogodung, Simago-mago (Sipirok), Hutaginjang (Taput), Sigarantung (Samosir), Gajah Bobok (Karo), Sibuhuan, dan Payakumbuh.

"Berkat pengalaman latihan cross country atau terbang jelajah alam sejumlah lokasi  kita berharap kedua atlet para layang Sipirok ini dapat mengukir sejarah di Jambi, dan target medali emas pada PON 2024 Sumut Aceh," kata Doli juga pelatih PON.

Disinggung biaya tim yang terkumpul untuk perjalanan ke Jambi, Doli jujur mengatakan masih Rp100 ribu rupiah dari seorang donatur seorang pendeta di Tapanuli Utara.

Doli lebih jauh berharap bagi siapa saja yang ingin membantu demi kelancaran perjalanan atlet Para layang Tapsel, Sumatera Utara ke Jambi dapat mengirim bantuannya melalui donasi melalui rekening Bank BNI Nomor 0637449623 dan Bank Sumut Nomor 23302040105061
Atas nama Raja Doli Siregar. Atau dapat menghubungi nomor  kontak Raja Doli Siregar 0821-5157-2854.

 
Dua pilot Para Layang asal Sipirok sedang pose bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (tengah) di Kecamatan SD.Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan (ANTARA/HO-dokumen pribadi)

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022