Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Medan kembali menggelar Pekan Olahraga Kota (Porkot) untuk menjaring atlet potensial setelah sempat vakum selama dua tahun dampak dari pandemi COVID-19.

Ketua Umum KONI Medan Eddy H Sibarani di Medan, Senin, mengatakan, pihaknya kembali menggelar arena multi event Pekan Olahraga Kota (Porkot) XII Tahun 2022, setelah vakum dua tahun karena pandemi COVID-19.

Melihat pandemi yang telah mereda, maka KONI Medan memutuskan tahun ini melaksanakan Porkot Medan XII Tahun 2022 yang dijadwalkan berlangsung 6 sampai 13 Agustus yang akan mempertandingkan 30 cabang olahraga.

Disebutkan, dalam rangkaian pelaksanaan, KONI Medan juga telah melakukan rapat koordinasi dan konsultasi persiapan Porkot Medan XII Tahun 2022 yang berlangsung di ruang rapat Sekretariat KONI Medan, Teladan pada Jumat (27/5).

Rapat dihadiri Ketua Pengcab/Pengkot dan Koordinator KONI kecamatan yang semuanya menyatakan siap menggelar dan menyukseskannya.

“Seperti diketahui, seleksi serta promosi dan degradasi atlet-atlet ke PON XXI Tahun 2024 ada tiga, yakni Porprovsu, Kejurda dan Selekda. Maka, Porkot mempertandingkan cabang olahraga yang akan tanding di kejurda, dan selekda," katanya.

“Semuanya masih dalam rangkaian KONI Medan dalam mempersiapkan atlet-atlet ke PON XXI yang berlangsung di Aceh-Sumut. Mengingat selama ini Kota Medan berkontribusi atas 70 persen atlet-atlet Sumut yang bertanding di PON XXI,” tambahnya.

Ia menyampaikan keyakinan Porkot Medan 2022 bakal sukses seperti gelaran yang sudah-sudah, apalagi Pemkot Medan sangat mendukung karena dinilai sangat berkontribusi dalam melahirkan atlet-atlet potensial yang siap mengharumkan nama daerah di level yang lebih tinggi.

“Kegiatan akan menjadi Porkot ke-12. Sebelumnya sudah 11 kali dilaksanakan, jadi kita hanya butuh komitmen dan keseriusan agar bisa berjalan lancar dan sukses,” katanya.

Adapun tahapan kegiatan Porkot Medan 2022 sudah akan dimulai pada 6 Juni dengan pendaftaran peserta yang berlangsung sampai 2 Juli. Pendaftaran atlet bisa dilakukan melalui Pengcab/Pengkot, lewat Koordinator KONI Kecamatan atau langsung ke KONI Medan yang seterusnya akan diverifikasi.

“Gelaran Porkot Medan 2022 mendapat dukungan penuh dari Wali Kota Medan M Bobby Afif Nasution SE MM yang akan hadir di acara pembukaan dan penutupan di Stadion Teladan,” ungka Eddy Sibarani lagi.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022