Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melakukan penjajakan kerja sama yang saling menguntungkan antarkabupaten se-Sumatera Utara, sebagai salah satu upaya peningkatan pendapatan daerah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Serdang Bedagai, Drs Akmal di Seirampah, Sabtu, mengatakan, Serdang Bedagai akan menjadi tuan rumah Rakorwil Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) se- Sumatera Utara yang digelar di Sergai pada 19 Mei 2022.

Bupati Sergai Darma Wijaya selaku koordinator wilayah Apkasi Sumut, tak ingin menyia-nyiakan kesempatan itu dan langsung menginstruksikan kepala perangkat daerah maupun pejabat terkait agar melakukan koordinasi untuk kerjasama dan penjajakan di beberapa wilayah kabupaten se-Sumut.

Ia menambahkan bahwa Gelaran Rakorwil Apkasi itu nantinya akan diikuti oleh 25 Bupati se-Sumut. Adapun tema kegiatan, lanjut Akmal, adalah “Dengan Kerjasama Antar Daerah Kita Tingkatkan Pendapatan untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Pemerintah Daerah”.

"Berdasarkan tema Apkasi tersebut, Pemkab Sergai terus berpacu membuat terobosan dengan menjalin kerjasama dengan 25 kabupaten se-Sumut. Kerjasama antar daerah ini dalam rangka peningkatan pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat dan pemerintah daerah se- Sumut yang tergabung dalam Apkasi," katanya.

Baca juga: Pemkab Serdang Bedagai-Jepang jajaki kerja sama

Sementara Asisten Pemerintahan Setdakab Sergai Nina Deliana Hutabarat untuk memperkuat rencana kerjasama tersebut, pihaknya melakukan kunjungan ke sejumlah kabupaten di Sumut seperti ke Kabupaten Karo, Dairi dan Pakpak Bharat.

Dalam setiap kunjungan koordinasi tersebut pihaknya menyampaikan tentang rencana kerja sama yang diikat dengan MoU berisi peningkatan pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat dan pemerintah daerah.

Antara lain kerjasama bidang ketahanan pangan, pertanian dan peternakan yaitu investasi penggemukan sapi, limbah ubi kayu dan limbah sawit. Selain itu dibahas juga tentang kerjasama bidang pariwisata yang bisa dikembangkan pada masing-masing pemerintah daerah.

"Kunjungan koordinasi ini mendapat sambutan baik di setiap kabupaten yang dikunjungi dan akan bersinergi untuk menjalin kerja sama yang dituangkan dalam MoU serta akan ditandatangani bersama saat pelaksanaan Rakorwil Apkasi di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat pada tanggal 19 Mei 2022," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022