Pesanan tiket kereta api untuk arus balik di Sumatera Utara terus bertambah hingga mencapai 12.812 kursi untuk periode 4-13 Mei 2022.

"PT KAI Sumut menyiapkan 51.810 tiket KA antarkota untuk arus balik penumpang Lebaran 2022 yang dimulai 4 Mei, sementara pesanan 4-13 Mei sudah 12.812 tiket," ujar Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Mahendro Trang Bawono di Medan, Kamis.

Sebelumnya atau hingga akhir pekan lalu, pesanan tiket arus balik KAI masih 7.848.

Pesanan tiket arus balik penumpang diperkirakan terus bertambah dan diperkirakan puncak kepulangan tertinggi pada 8 Mei 2022.

Untuk memenuhi kebutuhan tempat duduk KA pada arus balik itu, manajemen KAI juga akan memperpanjang pengoperasian dua KA Sribilah rute Medan-Rantauprapat-Medan hingga 8 Mei.

Pesanan tiket terbanyak juga tetap dari calon penumpang KA Putri Deli, rute Tanjungbalai-Medan.

Dia menjelaskan, seperti di arus mudik, KAI Sumut juga meningkatkan pengamanan baik oleh petugas KAI mau pun TNI dan Polri untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang.

Pengamanan dilakukan di stasiun, di dalam kereta api, dan kawasan jalur KA.

"KAI juga tetap menerapkan protokol kesehatan mulai penggunaan masker dan mewajibkan menunjukkan hasil negatif COVID-19 untuk calon penumpang yang masih divaksin pertama guna kepentingan kesehatan bersama," katanya

Mahendro menyebutkan, secara total pesanan tiket mudik dan balik sejak 22 April - 13 Mei sudah mencapai 54.633.

Masa puncak arus mudik terjadi pada H-2 atau 30 April 2022 dengan jumlah 5.240 penumpang.

"Sama dengan arus mudik, KAI Sumut juga meningkatkan pengamanan baik oleh petugas KAI mau pun TNI dan Polri untuk di arus balik mulai 4 Mei,"katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022