Seorang supir bus angkutan umum bermerek Taxi Kita Bersama ( TKB) Sarwedi menerima piagam penghargaan dari Kapolres Padang Lawas ( Palas) AKBP Indra Yanitra Irawan SIK, M.Si atas kejujurannya melaporkan temuan tas berisi uang senilai Rp12.130.000.

Prosesi peyerahan piagam penghargaan berikut santunan tali asih kepada Sarwedi, warga Desa Harang Julu, Kecamatan Ulu Sosa, Kabupaten Padang Lawas ini, berlangsung saat kegiatan apel pagi Polres Palas, di Plataran kantor Mapolres setempat, jalan lintas Sibuhuan - Sosa, Desa Bulu Sonik, Kecamatan Barumun, Selasa ( 26/4)pagi.

Acara tersebut juga dirangkai dengan kegiatan serah terima uang temuan itu, antara Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan SIK, M.Si, dengan pemilik ( korban) atas nama Umar Siregar, warga Desa Siparau, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas.

"Atas nama Polres Palas saya mengapresiasi kejujuran saudara Sarwedi. Dan kejujurannya beliau itu, patut kita tauladani dan terapkan bersama dalam kehidupan sehari - hari. Semoga kegiatan ini membawa berkah, dan kiranya saudara Sarwedi, bersama kita semua tetap dalam lindungan Allah SWT, tuhan YME kedepan amin," katanya.

Sebelumnya Kasat Reskrim Polres Palas AKP Aman Putra B SH kepada ANTARA menceritakan, kronologis penemuan uang itu, terjadi pada hari Rabu (24/4) lalu. 

Sarwedi menemukan tas berisi uang senilai 12 juta lebih tersebut, lanjutnya, dilokasi badan jalan, jembatan Siboris, Kecamatan Barumun Tengah Palas. Setelah sebelumnya, uang tersebut diperkirakan jatuh dari mobil truk pengangkut getah milik korban Umar Siregar, yang pada saat itu diamanahkannya kepada anggota, atau karyawannya atas nama Nauli Lubis untuk membeli hasil panen getah masyarakat petani di kecamatan setempat.

Saat itu, posisi saudara Sarwedi mengenderai mobil bus angkutan umum TKB dari Padangsidempuan menuju arah kota Sibuhuan. Kebetulan saat bersamaan seorang anggota kami Hasan juga sedang melakukan pencarian uang tersebut, bersama saudara Nauli. Setelah kehilangan uang itu dilaporkan sebelumnya kepada kami.

Selanjutnya secara kebetulan Sarwedi berjumpa dengan anggota kami Hasan di Loket Bus TKB Sibuhuan dan melaporkan uang temuannya itu. Kemudian uang itu, dibawa ke Polres Palas untuk proses lanjutan, apakah uang temuan tersebut, benar milik saudara Umar. Ternyata benar dengan jumlah uang yang tidak kurang, dan untuk itu dilakukan acara serah terima hari ini ( Selasa (26/4)".terang Kasat.

Usai acara, Sarwedi mengatakan sangat terharu dan tidak menyangka tindakannya itu, (melaporkan dan mengembalikan uang temuan) akan mendapat atensi dari Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan SIK, M.Si. 

Untuk itu, ia mengucapkan terimakasih kepada AKBP Indra Yanitra Irawan SIK, M.Si, atas pemberian piagam penghargaan itu, berikut santuan tali asih diacara tersebut. 

Ia berharap, melalui kegiatan pe yerahan piagam yang diterimanya itu, hubungan sulaturrahminya dan sinergitas dengan seluruh jajaran Polres Palas kedepan semakin baik.

Saat yang sama, korban Umar Lubis juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada  Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan SIK, M.Si beserta seluruh jajaran yang telah memfasilitiasi acara serah terima, dan membantu proses pencarian uang miliknya yang hilang beberapa waktu lalu itu. 

"Terimakasih juga yang sebesar - sebesarnya kepada pak Sarwedi. Saya juga berharap, melalui acara ini hubungan silaturrahmi antara kita semua ke depan dapat terjalin dengan baik.
 

Pewarta: Ashari

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022