Wali Kota Medan Bobby Nasution memberikan perhatian agar kesejahteraan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di bidang hasil olahan laut semakin meningkat di Medan Belawan.

"Kita telah berikan bantuan peralatan senilai Rp125 juta kepada pelaku UMKM klaster olahan hasil laut, dan bantuan pendidikan bagi anak nelayan," terang Bobby di Medan, Jumat.

Bantuan itu, lanjut dia, sebagai bentuk peningkatan perekonomian bagi pelaku UMKM lokal yang menjadi salah satu fokus Pemkot Medan di wilayah pesisir tersebut.

Wali kota juga mengatakan, pihaknya sebelumnya memberikan perhatian penuh kepada para pelaku UMKM di bidang konveksi dan sepatu di Medan Denai

"Bantuan ini merupakan komitmen Pemkot Medan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya para nelayan," tutur Bobby.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan, Benny Iskandar Nasution, mengatakan berbagai pelatihan secara rutin telah diberikan kepada UMKM klaster olahan hasil laut melalui koperasi.

Salah satu bentuk pelatihan, yakni mendorong agar pelaku UMKM klaster hasil olahan laut berjualan secara daring, sehingga produk yang dihasilkan dijangkau lebih luas lagi.

"Banyak sudah pelatihan yang kita berikan, seperti kita ajari cara pengemasan yang baik agar produk yang dihasilkan berkualitas dan menarik minat masyarakat untuk membeli," katanya.

Pihaknya juga telah memberikan bantuan sejumlah peralatan berupa mesin pengering ikan, mesin pemisah duri ikan dan gerobak.

"Jadi kita berikan bantuan peralatan kepada mereka agar dapat meningkatkan hasil produksinya," ungkap Benny.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022