Inovasi BPJamsostek sistem pembayaran iuran peserta BPJS Ketenagakerjaan sekarang sudah bisa melalui Agen BRILink cukup disambut baik dan positif.

Kepala BPJamsostek Cabang Padang Sidempuan Dr Sanco Simanullang ST, MT, IPM, ASEAN Eng di Padang Sidempuan, Kamis (10/3) mengatakan, tujuannya itu mendekatkan layanan kepada para pekerja. 

Alasan BRILink menjadi salah satu kanal pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan mengingat BRILink memiliki 525.000 agen BRILink yang tersebar hingga pelosok kelurahan dan desa di Indonesia.

"Sesuai penyampaian Direktur Kepesertaan BPJamsostek Pak Zainuddin saat launching sinergi bersama Institutional and Wholesale Business Director Bank BRI Pak Agus Noorsanto dalam kegiatan seremoni yang digelar secara hybrid pada Selasa (8/3)," katanya. 

Disampaikan bahwa BRILink kian melengkapi beragam kanal yang pembayaran dimiliki BPJamsostek. 

"Jadi peserta Bukan Penerima Upah (BPU) semakin leluasa mau memilih kanal yang memudahkan pembayarannya. Cukup mendatangi outlet agen BRILink sudah bisa," ujarnya.

Selain juga melayani pembayaran iuran untuk pekerja Penerima Upah (PU) yang caranya hampir sama, peserta atau pengurus perusahaan cukup membawa kode iuran yang pembayarannya sesuai tagihan. 

Dikatakan, sesuai harapan Zainuddin, kerjasama BPJamsostek dan BRILink ini optimis secara tidak langsung akan mendorong peningkatan ke pesertaan BPJamsostek khusus pekerja BPU ke depan. 

"Tentu juga didukung oleh aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) sehingg memungkinkan pekerja BPU untuk mendaftarkan menjadi peserta BPJamsostek menggunakan smartphone nya. 

BPJamsostek, jelasnya, memperoleh beragam manfaat program seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT) juga bisa mendapat Manfaat Layanan Tambahan (MLT) berupa bunga ringan untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP) dan Pinjaman uang muka Perumahan (PUMP).

"Sehingga kehadiran layanan BPJamsostek disamping dekat dengan pekerja juga semakin banyak pekerja terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan dan dapat bekerja dengan tenang dan memiliki hari tua yang sejahtera," kata Sanco.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022