Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono akhirnya menetapkan Muhammad Lokot Nasution sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara periode 2022-2027.

Lokot berhasil mengalahkan dua pesaingnya Armyn Simatupang dan Tondi Roni Tua yang sama-sama ikut mencalonkan diri sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Sumut.

"Benar (Lokot terpilih Ketua DPD Demokrat Sumut)," ujar Direktur Eksekutif DPP Partai Demokrat Sigit Raditya ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat di Medan, Kamis (3/3).

Raditya menjelaskan keputusan itu disampaikan langsung oleh Sekretaris Jendral DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsa dan Kepala BPOKK (Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan), Herman Khaeron. Saat pengumuman itu ketiga kandidat turut hadir.

"Keputusan Ketum disampaikan sore tadi oleh sekjen dan kepala BPOKK dihadiri oleh kedua calon lainnya," ungkapnya.

Herri Zulkarnain, Pelaksana Ketua DPD Partai Demokrat Sumut periode 2018-2022 mengucapkan selamat atas terpilihnya Lokot Nasution.

"Semoga amanah. Demokrat Sumut bangkit kembali," ujar Herri.

Diketahui saat pelaksanaan Musda IV DPD Partai Demokrat Sumut 10 Januari 2022 lalu, ada tiga nama yang resmi mendaftar sebagai calon ketua. Dari tiga kandidat yang ada,  Lokot Nasution yang meraih dukungan terbanyak dari pemegang suara sah. Di mana, dari total 34 dukungan, Lokot meraih 14 diantaranya. 

Sedangkan dua kandidat lain yakni Armin Simatupang memperoleh 11 dukungan, Tondi Roni Tua delapan dukungan. Satu dukungan lainnya diperoleh Parlinsyah Harahap. Nama terakhir tidak lolos verifikasi karena dukungan tidak sampai 20 persen. 

Dukungan itu didapat kandidat dari 33 DPC Partai Demokrat kabupaten/kota, dan satu dukungan dari DPD Partai Demokrat. Karena hanya tiga nama yang memiliki dukungan minimal 20 persen dari total pemilik suara sah, maka hanya Lokot, Armin, dan Tondi yang diusulkan sebagai calon Ketua DPD Partai Demokrat Sumut periode 2022-2027 ke DPP.

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022