Rombongan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Sumatera Utara menghadiri kegiatan HPN (Hari Pers Nasional) tahun 2022 di  Kendari Sulawesi Tenggara  menuju persiapan HPN 2023 di Provinsi Sumatera Utara.

"Kehadiran rombongan PWI Sumut di HPN kendari bukan sekedar hura-hura, tapi banyak kegiatan yang bisa diadopsi untuk kegiatan HPN tahun depan jika Sumut disetujui menjadi tuan rumah pelaksana HPN 2023," ujar Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik, Minggu malam (6/2/2022), di Kendari Selawesi Tenggara setiba dari Medan-Sumut.

Farianda menyebutkan, rombongan PWI Sumut mengikuti HPN 2022 di Kendari berjumlah 27 orang anggota PWI, terdiri dari pengurus PWI, Dewan Kehormatan Provinsi, SIWO dan IKWI ada 22 orang dan 5 orang SPS Sumut. "Banyak hal yang bisa dilihat dan dicontoh dari gebyar kegiatan HPN tahun ini di Kendari, jika keinginan kita menjadi tuan rumah pelaksana HPN 2023 dikabulkan," katanya.

Baca juga: Farianda dorong HPN 2023 digelar di Sumut

Dia menyebutkan, semua anggota PWI Sumut yang tergabung dalam rombongan ditugaskan masing-masing mengikuti setiap jadual kegiatan mulai 6 Februari hingga puncak acara HPN 2022, seperti pameran potensi pembangunan, Pameran UMKM & Ekraf, Festival Kuliner, Pameran Pers, Baksos Pembagian Sembako Panti Asuhan di Kendari kegiatan IKWI, Layanan Hypnoteraphy I, Family Trip Pantai Toronipa, Opening Ceremony Konvensi & Seminar, Konvensi Nasional Media Massa, Seminar Nasional Energi, Seminar Nasional Pariwisata Tema: "Desa Wisata Bahari, Pelopor Kebangkitan Pariwisata Sultra".

Kemudian Diskusi Anugerah Adinegoro, Seminar Literasi Digital SJI & Pelatihan Jurnalistik, Rakernas SIWO, Klinik Penulisan Kebudayaan, Diskusi Sinergitas Pers dan Pemerintah dalam Meningkatkan Produktivitas Pertanian Nasional & Kelapa Sawit, juga kegiatan nasional lainnya.

Selain itu, ungkap Farianda yang didampingi ketua rombongan Rifki Warisan, semua anggota PWI Sumut yang ikut rombongan HPN 2022 melihat berbagai wisata di Kendari termasuk melakukan wisata religi seperti masjid terapung Al Alam Kendari yang terletak di tengah laut.

Peserta HPN 2022 dari PWI Sumut juga melakukan studi banding terkait kegiatan di hutan mangrove dan melepasliarkan binatang Anoa agar terhindar dari kepunahan.

"Objek wisata mereka dikemas dijual ke wisata domestik, tentunya ada keuntungan yang diperoleh pemerintah daerah setempat dari kegiatan HPN itu. Hal serupa juga bisa kita lakukan pada saat pelaksanaan HPN 2023 disetujui di Sumut. Contohnya terkait hutan mangrove, Sumut juga punya hutan mangrove yang perlu dilestarikan dan dibudidayakan, seperti di Langkat, Belawan dan daerah lain di Sumut," ujarnya. 

Karena, tambah Farianda lagi, Sumut tidak kalah dari provinsi lain, jika dilihat dari sektor kepariwisataan. Banyak objek wisata yang bisa dijual kepada peserta HPN. Berdasarkan hal itu, Gubsu Edy Rahmayadi dan Ketua DPRD Sumut mendorong dan mendukung sepenuhnya agar Sumut menjadi tuan rumah pelaksanaan HPN 2023.

"Dukungan menjadi tuan rumah HPN 2023 sudah ada dukungan dari Gubsu dan Ketua DPRD Sumut dalam bentuk rekomendasi dan dukungan positip untuk memuluskan sebagai tuan rumah dan PWI-nya juga sudah siap," ujarnya.

Farianda juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Sumut dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumut, serta mitra PWI Sumut seperti PT. Agincourt Resources dan Asian Agri, yang telah memberikan dukungan atas keberangkatan rombongan PWI Sumut.

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022