Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mengapresiasi kerja sama Telecom Infra Project (TIP) Community Lab di Telkom University yang telah bekerjasama dalam mengimplementasikan inovasi teknologi jaringan di lahan pertanian di Pollung, Sumatera Utara.

Penasehat Khusus Menko Maritim dan Investasi bidang Informasi dan Teknologi Yohanes Surya dalam acara 1st Anniversary of the TIP Community Lab Telkom University yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu, mengatakan TIP telah bekerjasama dengan Kemenko Marves dalam pengembangan jaringan (network) untuk mendorong produktivitas hasil tani di Pollung.

"Kemenko Marves ingin menyampaikan apresiasi kepada TIP karena telah bekerjasama dengan kami dalam pengembangan jaringan (network) di salah satu daerah strategis di Pollung, Sumut, untuk kemajuan produktivitas dan kualitas hasil tani dengan inovasi teknologi," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi kendarai sepeda motor di Sumatera Utara

Pada Desember 2021, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan telah melalukan groundbreaking Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2) di Pollung, Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

TSTH2 diharapkan akan mampu mendukung pelaksanaan food estate di tingkat nasional, menjadi pusat riset genomics di Indonesia yang bertaraf internasional, serta menjadi pusat riset obat herbal di Indonesia.

Lebih lanjut, Yohanes Surya berharap langkah awal tersebut menjadi awal kerja sama dengan TIP lebih jauh lagi.

Ia juga menekankan pemerintah akan terus mendukung program yang diusung TIP khususnya terkait penyediaan konektivitas berkualitas tinggi.

"Kami bangga Indonesia jadi salah satu rumah bagi TIP. Di mana Telecom Infra Project (TIP) Community Lab Telkom University adalah TIP Community ke-14 di dunia dan pertama di Asia Tenggara," kata Yohanes Surya.

TIP merupakan konsorsium perusahaan yang dipimpin oleh AS, yang menyediakan konektivitas berkualitas tinggi bagi pengguna infrastruktur terbuka dan transparan.

TIP memiliki 14 laboratorium di delapan negara yakni di Spanyol, Italia, Amerika Serikat, Indonesia, Inggris, Jepang, Jerman, dan Brasil.

Perusahaan-perusahaan AS juga memperluas kemitraan dengan institusi seperti TIP Community Lab untuk menjembatani kesenjangan keterampilan digital yang diproyeksikan oleh Indonesia dan membantu para siswa untuk menjadi sekitar sembilan juta pekerja terampil yang dibutuhkan Indonesia selambatnya pada tahun 2030.


 

Pewarta: Ade irma Junida

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022