Parsadaan Naposo Nauli Bulung (PNNB ) Kecamatan Sayurmatinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) membuat Kolam Budidaya ikan di Lima desa di wilayah tersebut.

Berlokasi di Desa  Lumban Huayan, Desa Sipange Siunjam, Desa Tolang Julu, dan dua titik Lubuk larangan di Desa Aek Libung dan Kelurahan Sayurmatinggi. 

"Program ini untuk mendukung Visi Bupati Dolly P.Pasaribu yakni Tapsel yang berbasis Sumberdaya Alam yang produktif dan lestari," Kurniawan Nasution, Ketua PNNB, Sayur Matinggi dalam keterangnnya diterima, Jumat (21/1).

Baca juga: Lagi, seribuan hama tikus ditangkap mati demi petani di Tapsel

Muda mudi Sayur Matinggi ( atau PNNB) menyadari sumber daya alam bisa menjadi inkam, disamping dapat (upaya) mengurangi pengangguran.

Dikatakan, dari lima kolam budidaya tersebut tiga kolam di antaranya sudah terisi ribuan bubit ikan yaitu kolam di Desa Tolang Julu, Desa Aek Libung dan Kelurahan Sayur Matinggi. 

"Sedang dua kolam Desa Siunjam dan  Desa Lumban Huayan minggu depan mulai ditabur benih. Yang totalnya keseluruhan benih ikan yang ditabur mencapai 32 ribu ekor ikan berbagai jenis mulai ikan mas, tawes, jurung, nila," jelasnya. 

Dalam kesempatan ini, PNNB Sayur Matinggi tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu mewujudkan impian PNNB Sayur Matinggi berkolam ikan termasuk Pemkab Tapsel.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022