Dari tiga kandidat yang ada, ternyata Wakil Bendahara Umum DPP Lokot Nasution yang meraih dukungan terbanyak dari pemegang suara sah di Musda IV DPD Partai Demokrat. 

Di mana, dari total 34 dukungan, Lokot meraih 14 diantaranya. Sedangkan dua kandidat lain yakni Armin Simatupang memperoleh 11 dukungan, Tondi Roni Tua delapan dukungan. Satu dukungan lainnya diperoleh Parlinsyah Harahap. Nama terakhir tidak lolos verifikasi karena dukungan tidak sampai 20 persen. 

Dukungan itu didapat kandidat dari 33 DPC Partai Demokrat kabupaten/kota, dan satu dukungan dari DPD Partai Demokrat. Karena hanya tiga nama yang memiliki dukungan minimal 20 persen dari total pemilik suara sah, maka hanya Lokot, Armin, dan Tondi yang diusulkan sebagai calon Ketua DPD Partai Demokrat Sumut periode 2022-2027 ke DPP.

Baca juga: AHY ingatkan tiga kandidat Ketua Demokrat Sumut siap kalah

Ketua BPOKK DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron, menjelaskan bahwa ketiga nama calon ketua itu akan mengikuti tahapan fit and proper tes atau uji kelayakan dan kepatutan di Jakarta. 

Setelah itu barulah tim tiga yang terdiri dari ketua umum, sekretaris jenderal dan dirinya memilih satu nama untuk menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Sumut.

Sesuai peraturan organisasi, keputusan akan dibuat tim tiga maksimal 14 hari setelah pelaksanaan musda.

"Kami sudah verifikasi pemilik hak suara, ada 35. DPP, saya yang bawa, Plt ketua  DPD dan 33 ketua DPC kabupaten/kota. Selanjutnya uji kelayakan dan kepatutan, setelah itu ditetapkan ketua umum, ketua DPD terpilih, kemudian dibuat SK formatur, kalau sudah tersusun pengurus baru, maka dilakukan pelantikan," ujar Herman saat acara Musda DPD Partai Demokrat Sumut di Medan, Senin (10/1).

Dia mengingatkan agar Musda IV DPD Partai Demokrat Sumut menjadi ajang rekonsiliasi bersama. Sehingga, dia berharap tidak perlu sampai terjadi perpecahan. "Musda ini ajang membesarkan kita bersama," katanya.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berpesan agar nantinya ketua terpilih dapat memperkuat mesin partai serta menyiapkan kader terbaik untuk Pemilu dan Pilkada 2024.

"Saya berharap siapapun yang menjadi Ketua DPD ke depan benar-benar bisa merumuskan strategi sekaligus mengimplementasikannya. Kami juga dari DPP akan mengawasinya. Kita berharap Demokrat jaya," ujar AHY yang menyampaikan pidato secara virtual itu.

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022