Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan mengimbau 80 puskesmas di daerah ini agar proaktif mengajak kelompok lanjut usia (lansia) supaya mau divaksin COVID-19.

"Saya imbau kepala puskesmas proaktif tanyakan langsung, khususnya lansia yang sedang berobat. Apakah sudah divaksin atau belum," ujar Kepala Dinkes Kota Medan dr Taufik Ririansyah di Medan, Kamis.

Pihaknya mendapati beberapa pasien yang ingin mendapat pelayanan kesehatan di puskemas, khususnya pasien lansia di atas 60 tahun, belum mendapatkan vaksin.

Baca juga: Delapan juta warga Sumut terima vaksin COVID-19

Padahal beberapa pasien lansia ini menginginkan untuk divaksin, sehingga pihaknya langsung memerintahkan petugas puskesmas memberikan suntikan vaksin COVID-19.

"Saat itu ada empat pasien lansia berkenan disuntik, saya langsung perintahkan petugas untuk langsung memberikan vaksin," katanya.

Ia juga menjelaskan, hingga saat ini jumlah lansia di ibu kota Provinsi Sumatera Utara yang sudah mendapat vaksin COVID-19 baru mencapai 53,79 persen dari target sasaran 60 persen.

Oleh sebab itu, berbagai langkah diambil Dinas Kesehatan Kota Medan agar dapat memvaksin para lansia, salah satunya mendatangi langsung rumah warga kota.

"Ke depan kita juga akan berkolaborasi dengan Disdukcapil untuk mendata lansia, sehingga kita bisa melakukan vaksin berdasarkan 'by name by addrees'," ungkap Taufik.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022