Masyarakat Desa Gunung Melayu Kecamatan Kualuhselatan berhasil mengamankan seekor buaya ikan, Rabu. Buaya tersebut rencananya akan diserahkan ke BKSDA untuk ditangani lebih lanjut.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Labuhanbatu Utara Jamil Hasibuan menyebutkan, informasi tertangkapnya buaya itu diperoleh dari kepala desa setempat.

"Kita mendapatkan informasi dari Kades Gunung Melayu bahwa masyarakat ada menangkap seekor buaya ikan. Sekarang sudah diamankan pihak desa dan menunggu orang BKSDA untuk dibawa ke penangkaran di Kisaran," katanya via telepon kepada Antara, Rabu sore.(5/1)

Disinggung tentang siapa yang pertama kali melihat atau mengetahui keberadaan buaya itu, Hasibuan mengaku tidak mendapatkan informasi tentang hal tersebut.

Baca juga: Seorang warga tewas diterkam buaya

Namun memang, imbuhnya, masyarakat desa itu hampir sepekan terakhir melihat adanya buaya ikan berkeliaran di Sungai Simangalam yang ada di daerah mereka.

Sebelum melakukan penangkapan, kepala desa sudah berkordinasi dengan pihak BKSDA terkait keberadaan buaya tersebut. "Dan pada hari ini, atas kerjasama warga, buaya ikan berhasil diamankan," terang Hasibuan.

Populasi buaya di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok diperkirakan mengalami penambahan. Bahkan dalam beberapa kasus, sudah ada warga yang menjadi korban keganasan buaya di Labura.
 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022