Jalur darat dari Tapanuli Selatan (Tapsel) menuju Mandiling Natal (Madina) melewati Jalan Nasional lintas Pantai Barat Sumatera yang sebelumnya total tidak bisa dilalui kini sudah lancar, kendaraan sudah bisa lewat.

"Pagi ini sekitar pukul 7.30 Wib sudah lancar kendaraan sudah mulai bisa melintas, "kata Kalaksa dan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Tapsel Ilham Suhardi dan Hotmatua Rambe kepada ANTARA, Minggu (19/12) pagi.

Lancarnya arus lalu lintas dua arah Tapsel - Madina setelah seluruh material longsoran tebing sudah berhasil dievakuasi dari badan badan jalan lebih dari 24 jam setelah kejadian longsor pada Sabtu (18/12) dini hari. 

Baca juga: Kelurahan Rianiate Tapsel dikepung longsor, ratusan rumah terendam banjir

"Alat berat Dinas PUPR Tapsel dibawah kepempinan CH Rizal Lubis bekerja secara ekstra mengangkut semua material tanah, bebatuan, dan pepohonan dari tiga titik longsor yang telah menutupi badan jalan nasional tersebut," ujarnya. 

Sebelumnya dikabarkan kejadian tebing longsor akibat curah hujan tinggi itu berlokasi di daerah Bahung dan simpang Aek Sabatang, Kelurahan Riniate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. 

Meski akses jalan sudah bisa dilalui, namun, BPBD Tapsel berpesan kepada seluruh pengendara yang melintasi jalur lintas Pantai Barat agar lebih berhati-hati, disebabkan faktor cuaca atau curah hujan masih tinggi, dan sewaktu-waktu bencana bisa saja terjadi.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021