Ratusan tukik penyu laut dilepasliarkan ke Samudra Hindia dari Pantai Indah Muara Upu, Kecamatan Muara Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Pelepasan tukik penyu abu-abu itu dalam rangkaian kegiatan Pantai Barat Camp (3-5/12/2021) yang diikuti 320 peserta dari 50 komunitas pencinta alam Tabagsel dan Sibolga.

"Kegiatan ini merupakan kali ketiga sejak 2019. Tujuannya semata untuk pelestarian penyu abu-abu di Pantai Muara Upu Tapsel," kata Erwin Ovata yang turut dalam acara itu, Minggu (5/12).

Baca juga: Dua pekan Tapsel tanpa kasus baru COVID-19, tapi masih di zona kuning

Bupati Tapsel Dolly P. Pasaribu juga hadir sekaligus ikut melepasliarkan tukik penyu bersama-sama ratusan komunitas pencinta alam tersebut. 

Bupati menyambut baik kegiatan itu apalagi tujuannya untuk pelestarian biota laut penyu abu-abu yang langka. Juga kepada seluruh komunitas pencinta alam bupati tak lupa memberikan apresiasi yang sudah turut menjaga kelestarian alam Tapsel.

Ketua panitia Rozak dari OPS Tabagsel juga mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Bupati Tapsel yang berkesempatan hadir di acara tersebut, termasuk terhadap sambutan kepala desa dan masyarakat Muara Upu. 

Dikatakan selama tiga hari pelaksanaan Pantai Barat Camp 2021 dengan mengisi kegiatan mulai bersih-bersih pantai, silaturahmi komunitas, sosialisasi lingkungan hidup dan acara api unggun dan kemudian pelepasliaran tukik penyu laut.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021