Kepolisian Resor (Polres) Tapanuli Selatan (Tapsel) memperketat protokol kesehatan sebagai antisipasi lonjakan COVID-19 apalagi menjelang Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Kita sudah siapkan dua langkah strategis umum dan khusus," tegas Kapolres AKBP Roman Smarhadana Elhaj saat paparan pada rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka Operasi Lilin Toba 2021 di hadapan Bupati Dolly P.Pasaribu di Kantor Bupati Tapsel, di Sipirok, Kamis (2/12).

Untuk langkah umum meliputi penyiapan Pos Pam, Pos Yan, Pos Cek Poin, sosialisasi masif meniadakan libur natal dan tahun baru, mengurangi mobilitas masuarakat dan pengetatan protokol kesehatan.

Baca juga: Mantap, 11 hari Tapsel nihil kasus baru COVID-19

Untuk langkah khusus yaitu, penguatan PPKM Mikro, pengaturan ibadah Natal, pengaturan pasar tradisional, tempat wisata, penguatan operasi yustisi, pengecekan prokes di jalan dan di tempat tertentu.

Juga akan melibatkan ormas keagamaan dalam pengamanan tempat ibadah, serta penyiapan sarana protokol kesehatan disemua tempat (hotel, restoran, tempat wisata dan tempat ibadah).

Selain itu, seluruh puskesmas dan pelayanan kesehatan di wilayah hukum Polres Tapsel akan disiagakan. Seluruh pemangku kepentingan akan dilibatkan demi terjaganya protokol kesehatan.

Informasi turut hadir pada rapat koordinasi itu Damdim 0212/TS Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, Kejaksaan Negeri Tapsel, Danyon C Brimob Poldasu, Kompol Buala Zega, unsur DPRD dan DPRD Paluta, Sekda serta pejabat lainnya. 

Dikatakan, rapat koordinasi itu juga untuk menindaklanjuti Inmendagri nomor 62 tahun 2021 terkait pemberlakuan PPKM Level 3 menjelang Hari Raya Natal 2021 dan menyambut Tahun Baru 2022 sebagai upaya menghindari gelombang tiga COVID-19.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021