Pemkab Serdang Bedagai menyinergikan berbagai program dan kegiatan yang diarahkan pada peningkatan dan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), di antaranya penyediaan prasarana PAUD dan pembangunan TK Negeri di setiap kecamatan.

"Juga peningkatan tenaga pendidik PAUD, pendidik dan pelatihan guru TK, pendidikan dan pelatihan tenaga pengelola pusat PAUD serta pengalokasian anggaran guru untuk mendukung PAUD," kata Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya di Seirampah, Kamis (25/11).

Hal itu ia sampaikan pada acara pelantikan dan pengukuhan Kelompok Kerja Bunda PAUD dan DPC GOPTKI Kabupaten Serdang Bedagai periode 2021-2026, di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Serdang Bedagai.

Baca juga: Masyarakat Sergai diminta tetap waspada cuaca ekstrim

Ia mengatakan, mengingat pentingnya penanganan PAUD, maka dunia internasional pun telah berkomitmen melalui Convention on the Right Of the Child 1989 dalam deklarasi Dakkar 2000 demi terwujudnya pendidikan untuk semua dan A World Fit For Children 2002 yang bertujuan untuk menciptakan dunia yang layak bagi anak. 

"Kesemuanya itu merupakan komitmen untuk memberikan perlindungan, penghargaan dan pemenuhan hak-hak dasar anak,” ucapnya.

Ia menyebutkan seluruh kegiatan yang mendukung PAUD didanai oleh APBD Kabupaten Serdang Bedagai yang bertujuan untuk mendukung berbagai program pengembangan GOPTKI dan Pokja Bunda PAUD di daerah itu.

Baca juga: Banjir rusak jembatan di Dolok Merawan Sergai

Proses pertumbuhan anak, lanjut dia, haruslah dipahami oleh para pendidik dan pengelola TK, khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai, sehingga ke depan pendidikan pra-sekolah yang dikelola dan dinaungi oleh GOPTKI dan Pokja Bunda PAUD memiliki peran dan arti penting di masyarakat.

"Dalam menghadapi tantangan ke depan, GOPTKI dan Pokja Bunda PAUD harus menjadi organisasi yang maju terus, mandiri, sejahtera, dan religius," katanya.

Sementara Ketua GOPTKI Serdang Bedagai, Aini Zetara Adlin Tambunan, mengatakan, GOPTKI dan Pokja Bunda PAUD harus proaktif dalam mengoptimalkan perannya dalam meningkatkan kualitas SDM secara dini sehingga menghasilkan anak yang cerdas dan berakhlak mulia.

Hal ini, ungkapnya, sebab usia dini sangat strategis untuk menanamkan aspek-aspek dasar pendidikan yang sangat penting bagi jenjang pendidikan selanjutnya. 

Di antaranya pengembangan intelektual, akhlak dan budi pekerti, keterampilan, penanaman keimanan, ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa serta pengembangan (IQ, EQ dan SQ).

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021