Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menegaskan kementerian itu siap mempromosikan produk UMKM dengan harapan bisa menjadi eksportir

"Kemenparekraf akan terus membantu UMKM dalam pengembangan bisnis termasuk promosi produk " ujarnya di Medan, Senin (8/11). 

Menurut dia, yang paling penting dibantu pada UMKM adalah membangun jejaring dan memperkuat distribusi. 

Dengan jejaring yang kuat dan distribusi yang lancar, UMKM akan bertumbuh besar dan diharapkan produknya bisa diekspor sehingga UMKM tumbuh menjadi eksportir.

Baca juga: Menparekraf minta UMKM Sumut manfaatkan Program Stimulus BBI

Sandiaga Uno menyebutkan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki kaitan yang sangat erat dengan UMKM.

"Swmekitar 70 persen dari UMKM adalah pelaku  ekonomi kreatif sehingga harus terus dikembangkan dan didorong untuk terus bertumbuh," katanya. 

Sektor UMKM dengan pariwisata dan ekonomi kreatif juga menjadi ajang lowongan kerja. UMKM yang menjadi penyedia lapangan kerja itu tentu saja menggembirakan karena akibat pandemi COVID-19 telah membuat angka pengangguran bertambah. 

Gubernur Sumut, Musa Rajekshah mengakui bahwa sektor pariwisata sangat mendorong tumbuhnya UMKM. 

Oleh karena itu, katanya, Sumut yang memiliki objek wisata yang banyak khususnya Danau Toba yang menjadi daerah wisata super prioritas diharapkan memiliki UMKM yang lebih banyak dengan kondisi yang semakin maju. 

"UMKM sudah terbukti menggerakkan perekonomian Sumut bahkan nasional sehingga UMKM harus terus dikembangkan dan dibina. Pemprov Sumut berharap Kemenparekraf terus mendukung UMKM Sumut, " katanya. 
 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021