Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mendorong 25 kabupaten/kota menjadi daerah industri kreatif, sehingga meningkatkan lapangan pekerjaan di Tanah Air.

"Total ada 25 kabupaten/kota menjadi daerah kreatif melalui program pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia ini, dan salah satunya Medan," ucap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Medan, Senin (8/11)  ketika menghadiri Workshop Pengembangan KaTa Kreatif Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sedangkan Pemerintah Kota Medan, lanjutnya, telah mengembangkan 17 sub sektor ekonomi kreatif, dan sub sektor unggulan di bidang kuliner.

Menparekraf mengatakan, Kemenparekraf berharap melalui pengembangan Kata Kreatif Indonesia di suatu daerah, maka bisa menumbuhkan kreativitas.

Baca juga: Menparekraf minta UMKM Sumut manfaatkan Program Stimulus BBI

"Kami berharap peserta 'workshop' ini dapat menjadi pengusaha kreatif, dan nantinya bisa menggerakkan lokomotif ekonomi," kata Menteri Sandiaga.

Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman, ketika membuka "workshop" itu mengingatkan OPD terkait melakukan pemetaan untuk diperoleh gambaran valid pelaku ekonomi kreatif di daerah ini.

"Tidak hanya sekadar mencatat nama dan alamat, namun kita telisik apa yang dibutuhkan oleh para pelaku ekonomi kreatif itu," ujar Aulia.

"Pemkot Medan terbuka, terutama untuk berdiskusi pelaku ekonomi kreatif dalam mengembangkan kemampuan menghadapi kekuatan ekonomi kedepan," ujar Wakil Wali Kota Aulia.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021