Sebagai wujud kecintaan akan kampung halaman, Ketua Gadang (Ketua Besar) Himpunan Kerukunan Keluarga Barus (HIKKBAR), Bakhtiar Ahmad Sibarani menyerahkan sertifikat tanah seluas 10x25 meter yang berada di Jalan Pipit Sibolga, Sumatera Utara, untuk dibangun gedung HIKKBAR.

Selain menyerahkan sertifikat tanah, Bakhtiar Ahmad Sibarani yang juga sebagai Bupati Tapanuli Tengah itu, menyerahkan kunci mobil ambulans HIKKBAR.

Penyerahan itu dilangsungkan di Gedung Serbaguna Pandan, Tapanuli Tengah, dalam rangkaian peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1443 H/2021, sekaligus pelantikan Pengurus Rayon HIKKBAR Pancuran Gerobak Sibolga, Pengurus Rayon HIKKBAR Pondok Batu, dan pelantikan Generasi Mudo HIKKBAR Sibolga-Tapteng, Jumat (22/10) malam, yang disaksikan para pengurus dan keluarga besar HIKKBAR.

Pada kesempatan itu juga, Wali Kota Sibolga, H Jamaluddin Pohan yang juga sebagai keluarga besar HIKKBAR menyerahkan dana hibah sebesar Rp1 miliar kepada Ketua Gadang DPP HIKKBAR untuk digunakan membangun gedung HIKKBAR.

Dana hibah itu diterima langsung Ketua Gadang DPP HIKKBAR dan Ketua Pembangunan, Ade Parangtua.

Dalam sambutannya Ketua Gadang DPP HIKKBAR, Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan, pemberian hibah tanah dan kunci ambulans untuk DPP HIKKBA, bukan karena kelebihan uang. Akan tetapi, karena kecintaan akan kampung halamannya Barus, tempat kelahiran dan dibesarkan.

“Kami serahkan sertifikat tanah ini dengan ukuran 10x25 meter di Jalan Pipit Sibolga dengan nilai sekitar Rp300 juta, ditambah dengan kunci mobil ambulans 1 unit untuk digunakan DPP HIKKBAR untuk membantu keluarga besar HIKKBAR dan juga masyarakat. Juga turut kita terima dana hibah dari Pemkot Sibolga Rp1 miliar untuk pembangunan gedung HIKKBAR. Itu semua sebagai bukti rasa cinta kami selaku putra Barus akan kampung halaman. Karena kami lahir dan besar di Barus, dan mungkin dimakamkan juga nanti di Barus,” ungkapnya.

“Dua tahun yang lalu mimpi kami harus membangun kantor HIKKBAR yang abadi. Artinya, siapapun yang menjadi Bupati Tapteng dan Wali Kota Sibolga dan menjadi Ketua Gadang (Ketu Besar) HIKKBAR nantinya, sudah ada Rumah Gadang (Rumah Besar) kita rumah orang Barus yang menjadi milik orang Barus pada saatnya nanti,” kata Bakhtiar menambahkan.

Bakhtiar juga meminta agar kebudayaan tarian Sikambang dan bela diri Silat dilestarikan. Karena kegiatan itu mampu menghindari generasi muda dari narkoba.
Pada kesempatan itu juga, turut diserahkan pakain seragam Silat dari Wali Kota Sibolga kepada DPP HIKKBAR yang diterima koordinator Silat, Mudir Pasaribu.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021