Webiner Literasi Digital untuk Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, Senin, 30Agustus 2021, Jam 09.00 WIB membahas tentang sopan dan beradap di media sosial.

Webinar dibawakan oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang fungsi media sosial, antara lain memperluas interaksi sosial, menciptakan komunikasi dialogis, melakukan transformasi, membangun personal branding, serta sebagai media komunikasi. 

Baca juga: Literasi digital bagi tenaga pendidik dan anak didik era digital

Manfaat dari dunia digital adalah bisa meningkatkan branding, memperluas koneksi, dan memperkuat bisnis. Literasi digital ini sangat mendukung, agar para pengguna jejaring lebih positif dalam bermedia sosial. 

Marilah bijak dalam menggunakan internet, agar Indonesia makin cakap digital. Fokuslah sesuai dengan bakat dan minat, membuat sesuatu hal yang disuka atau hobi, kemudian diunggah di media sosial. 

Selalu menjaga ucapan dan mengajak bersama-sama untuk menjadi pembawa budaya literasi digital. Mudahnya manfaat digital untuk mempelajari e-learning, apapun bisa dilakukan dengan digital.
 
Penyalahgunaan jejak digital juga sering terjadi.Pemanfaatan jejak digital secara negatif, antara lain mempublikasikan informasi pribadi yang mengarah ke penindasan atau pelecehan daring, serta menerbitkan informasi pribadi atau bisnis yang digunakan untuk serangan manipulasi psikologis.

Teknologi mutahir saat ini dapat mengumpulkan beragam serpihan, ceceran info tentang kita, dan mampu merekonstruksi karakter kita dari pola-pola kita berinteraksi di dunia maya. 

Etika Digital merupakan kemampuan individu dalam menyadari, mencontohkan, menyesuaikan diri, merasionalkan, mempertimbangkan, dan mengembangkan tata kelola etika digital atau netiquet dalam kehidupan sehari-hari. 

Utamakan beretika dalam memasuki dunia digital, jadilah pribadi dengan budaya yang baik sesuai dengan norma agama dan negara. 

Di masa pandemi saat ini, jadikan hal yang positif dalam berjejaring sosial, misalnya menghasilkan karya yang baik dengan mengajak orang lain mengenali literasi digital.

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021