Para pemain dan official PSMS langsung menjalani tes swab setibanya di Pelembang untuk mengikuti kompetisi Liga 2 Indonesia grup A, Selasa (5/10). 

Rachmad Hidayat dan kawan-kawan langsung menjalani pemeriksaan swab yang difasilitasi PT LIB di lobi Hotel Graha Sriwijaya. Tak hanya pemain dan pelatih, pemeriksaan juga dilakukan terhadap tim official.  Berdasarkan hasil pemeriksaan, seluruh tim dinyatakan negatif. 

Menyahuti hal itu, Tim Prokes LIB, Suryani dan Ismene menerangkan proses swab dilakukan sebagai regulasi ketat yang dilakukan PT LIB dalam hal penerapan protokoler kesehatan.

Baca juga: PSMS berkekuatan 26 pemain hadapi Liga 2 Indonesia

"Memang swab awalnya dilakukan seperti ini agar kita mengetahui pemain saat perjalanan sampai di hotel itu di screening awal. Istilahnya kalau misalnya mereka terbebas dari virus corona ini. Sama-sama juga kita mau menjaga kalau misalnya tidak terjadi kluster di klub tersebut. Contohnya di sini PSMS Medan," katanya. 

Selanjutnya, tahap berikutnya untuk mengetahui kalau pemain terbebas adalah PCR yang dilakukan sehari sebelum pertandingan. 

"Itu untuk pemain dan official yang akan tanding di bench. Karena itu memang kebijakan keputusan dan peraturan dari Kemenkes," sebutnya.

Disinggung jika nantinya ada pemain maupun official tim yang dinyatakan positif, Suryani menambahkan harus diisolasi. 

"Dari LIB kita menyiapkan hotel pemain yang positif. Tapi tidak hanya itu saja, kita tetap harus menyiapkan makanan bagi si pasien dan kita karantina selama 10 hari. Dari makanannya hingga vitaminnya kita jaga dan juga dokter yang visitnya sampai PCR-nya pun kita pantau," katanya.

Sementara tim Gugus Tugas COVID-19 PT LIB, dr Rusdianto  mengatakan  jika nantinya ada temuan positif maka akan dirujuk pada dua rumah sakit yang ada di Palembang. 

"Kalau seandainya pada saat screaning pemain atau official yang positif antigennya dilanjutkan nanti dengan PCR. Kalau PCR positif, kita lakukan isolasi. Ada dua rumah sakit rujukan yakni RS Bari dan RS Muhammadiyah Palembang. Jadi harus dipisahkan dari tim dan pemainnya juga gak bisa main, " katanya. 

PSMS Medan akan melakoni Liga 2 dan berada di Grup A dengan tuan rumah Sriwijaya FC. PSMS Medan akan melakoni laga perdananya menghadapi KS Tiga Naga pada Kamis (7/10/2021) sore di Stadion Jakabaring Palembang. 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021