Webiner Literasi Digital untuk Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu, 28 Agustus 2021, Jam 13.00 WIB membahas tentang Memahami pentingnya menjaga keamanan di ruang digital

Berbagai materi disampaikan oleh sejumlah narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Kejahatan di dunia maya seperti ancaman online, penipuan online, pembuatan akun palsu. Dari berbagai macam kejahatan,dapat melakukan tindakan pencegahan.

Baca juga: Privasi dan keamanan di dunia digital

Diantaranya batasi informasi terutama informasi pribadi yang dapat disalahgunakan oleh orang yang tidakbertanggungjawab, selektif memilih akun atau aplikasi yang
hendak akan kita gunakan,jangan sembarang klik tautan yang tidak jelas sumbernya.

Selalu waspada kapanpun dan dimanapun agar tidak terjerumus dampak negatif, dan lakukan logout untuk mengurangi resiko.
 
Dengan mengetahui keamanan aplikasi kita dapat terhindar dari bahaya negatif media sosial. 

Modus pencurian data pribadi menjadi target dalam melakukan penipuan digital dan umumnya berkaitan dengan keuangan data-data yang dijual, biasanya didapat dari perusahaan maupun bank, dengan berisikan nama lengkap.
 
Untuk menhindari penipuan digital dapat melaukan hal berikut, antara lain perhatikan protocol apabila situs memiliki tambahan huruf S pada https.

Perhatikan alamat situs, domain, dan web, perhatikan tampilan user interface, serta memastikan bahwa itu bukan scam atau phising.
 
Kita juga harus melakukan perbarui informasi, gunakan browser versiter baru, cekakun-akun online yang kita miliki dan gunakan autentikasi dua faktor.

Orangtua dalam menjaga keamanan anaknya dalam berinternet banyak bisa melakukan hal pencegahan dengan cara, menggunakan Parental Guide Aplication, membuat peraturan dengan anak sesuai dengan kesepakatan.

Ikuti aktivitas berinternet pada anak sewajarnya jangan sampai anak merasa terlalu di awasi sehingga tidak memiliki ruang privasi, orang tua dapat memaksimalkan jelajah internet dan memanfaatkannya bersama seperti untuk hal-hal edukasi, dan menjadi model bagi anak.

 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021