PT Supra Matra Abadi (PT SMA) Kebun Tanah Datar kembali mengadakan kegiatan CSR, kali ini bertajuk Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Pencegahan Stunting bagi masyarakat di sekitar perusahaan.

Program dimulai dengan pemberian 150 kotak susu untuk Ibu hamil demi pencegahan dini terjadinya stunting. Penyerahan dilakukan pada Jumat, 10 September 2021 di Puskesmas Pembantu Desa Perkebunan Tanah Datar yang bertepatan di lokasi tersebut sedang dilaksanakan posyandu.

Program pemberian susu untuk ibu hamil ini merupakan hasil koordinasi dan kerja sama PT SMA dengan Puskemas Petatal. Penyerahan bantuan susu untuk ibu hamil tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Perkebunan Tanah Datar, Syahri Suseno, Bidan Desa Salli Kiswari dan Ketua PKK, Rodiah Nasution. Dalam penyerahan tersebut pihak perusahaan diwakili oleh dokter perusahaan dr. Wira Juanda bersama KTU PT SMA Alpen Astiyasa.

Dalam sambutannya dr. Wira mengatakan, "Pencegahan stunting harus dilakukan sedini mungkin sejak masa kehamilan sampai bayi berumur dua tahun, salah satunya dengan cara mengonsumsi vitamin yang cukup ditambah dengan minum susu yang bermanfaat untuk ibu dan janin di dalam kandungan. Semoga yang kami lakukan hari ini dapat membantu dalam mencegah terjadinya stunting terutama di sekitar operasional perusahaan”.

Kepala Desa Perkebunan Tanah Datar mengapresiasi kegiatan yang dilakukan perusahaan. “Semoga perhatian dari perusahaan terhadap masyarakat Perkebunan Tanah Datar dapat terus berlangsung dikemudian hari,” ujar Syahri.

Rangkaian kegiatan CSR PT. Supra Matra Abadi – Tanah Datar berlanjut keesokan harinya dengan agenda pemeriksaan kesehatan untuk masyarakat di sekitar lingkungan perusahaan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Dalam pembukaan acara pemeriksaan kesehatan gratis tersebut, Managemen PT Supra Matra Abadi – Kebun Tanah Datar yang diwakili oleh Manager PMKS, Husnisyah menyampaikan, ”Masa Pandemi COVID-19 sekarang ini penting bagi kita untuk menjaga kesehatan diri sendiri maupun keluarga kita. Dengan adanya kegiatan ini semoga masyarakat menyadari akan pentingnya kesehatan dan pola hidup yang sehat, melalui kegiatan ini masyarakat dapat memeriksakan kesehatannya baik itu untuk mengecek kadar kolesterol, asam urat, gula darah, dan lain-lain ataupun untuk berkonsultasi dengan dokter.”

Kepala Desa Perkebunan Tanah Datar yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan kegiatan ini memiliki nilai positif dimana perusahaan mengajak masyarakat sekitar untuk rutin memeriksakan kesehatan diri.

"Dengan dilakukan pemeriksaan kita dapat mengetahui penyakit apa yang ada di dalam tubuh kita dan bagaimana mengantisipasinya," katanya.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini juga bekerjasama dengan Puskesmas Petatal, dimana pihak Puskesmas Petatal mengirimkan tiga orang personel yang terdiri dari 1 orang dokter yaitu dr. Santi Erica dan 2 orang bidan yaitu Salli Kiswari dan Yusi Dahlina untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 09:00 – 15:00 WIB dengan partisipasi masyarakat sebanyak 80 orang yang hadir untuk memeriksakan kesehatan diri mereka.

Asian Agri sebagai perusahaan perkebunan yang merupakan bagian dari grup Royal Golden Eagle (RGE), mengelola  group perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan sumber daya alam dan beroperasi secara global, mengupayakan keberadaannya dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan dimana perusahaan beroperasi. 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021