Program Bupati Ngantor di Desa (Bung Desa) yang telah berlangsung tiga gelombang tersebut mendapat apresiasi dari Generasi Muda Pembaharuan Indonesia (GMPI). Lembaga tersebut juga meminta agar masyarakat mendukung program yang dilakukan Bupati Hendriyanto Sitorus SE MM dan wakilnya H Samsul Tanjung ST MH.

Hal itu disampaikan Sekretaris GMPI Labura Mhd Yusuf Bahri Pohan, Kamis (16/9). 

“Program yang dilakukan Bupati Hendriyanto Sitorus itu bukan kegiatan seremoni untuk menghibur masyarakat. Lebih dari itu, program Bung Desa merupakan wadah silaturrahmi bupati dan OPD langsung dengan masyarakat,” sebutnya.

Baca juga: Wabup Labura sambut baik program LKBN ANTARA

Melalui kegiatan itu, bupati dan perangkatnya jemput bola atas berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat serta memberikan bantuan terhadap kebutuhan masyarakat seperti administrasi kependudukan, Pendidikan, Kesehatan dan lainnya.

Seperti administrasi kependudukan, masyarakat dapat langsung mencetak KTP atau perbaikan KK di tempat. Kemudian bagi masyarakat yang ingin membayar pajak juga dapat melakukannya melalui Bank Sumut yang bekerjasama dengan Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) yang membuka ‘kantor’ saat Bung Desa berlangsung.

Demikian juga dengan dinas lainnya seperti Dinas Kesehatan yang memberikan pelayanan vaksin COVID-19 bagi warga yang belum divaksin, sunat massal gratis serta mengerahkan dokter spesiasli untuk praktik pada hari itu di desa yang dikunjungai.

Lebih lanjug pria yang juga aktif di Majlis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD KAHMI) Labura itu juga mengapresiasi bupati yang dalam kegiatannya melibatkan unsur kepemudaan. “Seperti pelibatan Ketua DPD KNPI Labura Helvin Ruida Hasi AM Par SE MM pada edukasi wawasan kebangsaan bekerjasama dengan Badan Kesbangpol,” tambahnya.

Sebelum mengakhiri keterangannya, pria yang juga merupakan fungsionaris DPD KNPI Labura itu mengajak masyarakat mendukung program tersebut. Sedangkan kepada bupati, ia berharap pemkab dapat mengajak mitra lainnya seperti  Peradilan Agama pada gelombang Bung Desa selanjutnya untuk memberikan pencerahan seperti isbath nikah.

“Kita sangat mendukung program Bung Desa dan berharap di masa mendatang dapat berlangsung lebih baik lagi dengan menggandeng berbagai Lembaga yang berkaitan langsung dengan masyarakat seperti Peradilan Agama untuk menjelaskan tentang masalah isbath nikah,” pungkasnya.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021