Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Toba, Sumatera Utara, siap mendukung filosofi "Batak Naraja" yang digaungkan pemda setempat dalam upaya memakmurkan 42 masjid dan mushollah yang tersebar di 16 kecamatan di wilayah tersebut. 

"Untuk memakmurkan masjid, DMI akan menyinergikan program-program yang dicanangkan serta siap menggandeng filosofi Batak Naraja yang dikumandangkan di kabupaten ini," ujar Ketua DMI Kabupaten Toba, H. Imran Napitupulu, di Balige, Selasa (7/9). 

Batak Naraja digaungkan Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus dalam rangka peningkatan pelayanan masyarakat melalui inovasi dan kreativitas dengan kepribadian yang mampu memberikan edukasi dan berperilaku seperti raja, memberi salam hormat dalam menyambut setiap tamu di wilayah ini. 

DMI, kata Imran, merupakan organisasi tingkat nasional yang bertujuan mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat dan persatuan umat. 

Wakil Ketua MUI Toba ini juga menyebutkan, memberdayakan dan memakmurkan masjid menjadi motto DMI untuk berkarya agar umat lebih berjaya.

"Kehadiran DMI di bumi bona pasogit Balige membutuhkan sinergisme dan koordinasi lintas sektor sehingga program yang direncanakan dapat berjalan dengan baik," tegas Imran. 

Ditambahkannya, sejumlah program dalam mewujudkan visi dan misi DMI di daerah ini akan direalisasikan dalam waktu dekat, termasuk rencana perbaikan masjid yang berada di Kecamatan Silaen dan Porsea, karena kondisinya butuh renovasi. 

Berdasarkan revisi SK yang diterbitkan Dewan Pimpinan Wilayah DMI Sumut, pengurus baru yang diamanahi melakukan audensi dengan Bupati Toba, Poltak Sitorus dalam kapasitas sebagai Majelis Mustasyar. 

Baca juga: DMI Toba Safari Ramadhan ke Masjid terpencil

Bupati Poltak menyebutkan, kehadiran DMI di Kabupaten ini, diharapkan lebih memperkokoh sinergisme antara ulama dan umaroh dalam percepatan pembangunan, khususnya di bidang kerohanian. 

"Mari kita bina kerja sama yang baik dan sama-sama bekerja untuk tercapainya masyarakat adil dan makmur yang diridhai Allah SWT," katanya. 

Pimpinan Daerah DMI Toba, didampingi Wakil Ketua Sahari, SPdI dan Sekretaris Supriadi SPd bersama Bendahara Drs. Horas Simanjuntak, juga melakukan audensi serupa di Kantor Ketua DPRD Toba. 

"Kami berterima kasih, dicantumkan sebagai Majelis Mustasyar dan juga menyambut baik kehadiran DMI di Kabupaten kita ini. Saya juga berharap, para pengurus bisa bekerja secara optimal. Lembaga DPRD siap mendukung dan membantu,",m tegas Ketua DPRD Toba, Effendi Napitupulu. 
 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021