Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Utara mendukung penerapan teknologi pertanian di Kabupaten Serdang Bedagai dalam upaya peningkatan produksi hasil pertanian.

Kepala BPTP Sumut, Khadijah El Ramija, di Seirampah, Rabu (25/8), mengatakan, Serdang Bedagai salah satu kabupaten yang diutamakan dalam setiap kegiatan BPTP untuk mendukung teknologi pertanian.

Misalnya seperti di Desa Pulau Gambar, Kecamatan Serba Jadi, di mana diseminasi inovasi teknologi yang digunakan antara lain tiga model tanam yakni hajar legowo 2:1, 4:1 dan Tegel. 

"Tiga varietas benih padi dengan kualitas inpari 30, inpari 32 dan mekongga. Selain itu, pemupukan sesuai rekomendasi analisa tanah dengan perangkat uji tanah sawah (PUTS) dan pengendalian hama terpadu," katanya.

Sementara Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya, mengatakan panen perdana kegiatan hilirisasi inovasi teknologi pertanian padi di Desa Pulau Gambar, merupakan salah satu bentuk kesepakatan bersama antara Pemkab Serdang Bedagai dengan BPTP.

Kerja sama tersebut diantaranya dalam hal penelitian dan pengembangan tanaman pangan di Kabupaten Serdang Beagai seluas 10 hektare.

Sedangkan diseminasi kegiatan, lanjutnya, berupa demplot penelitian dan pengembangan tanaman pangan oleh BPTP ini diharapkan menghasilkan inovasi teknologi yang sesuai dengan spesifik lokasi.

Sehingga dapat dengan mudah disebarluaskan dan diterapkan kepada petani di Serdang Bedagai melalui berbagai metode penyuluhan oleh OPD yang membidangi, sehingga semakin banyak petani yang mau merubah perilaku dan sikap dalam usaha taninya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021