Akses jalan arah Kelurahan Bunga Bondar menuju Desa Dolok Sordang di Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan sudah lancar dilalui kendaraan setelah sejumlah elemen mengadakan gotong-royong membersihkan longsor tebing dari titik badan jalan. 

"Alhamdulillah, badan jalan sudah bersih dari material longsor tebing. Kendaraan baik roda empat maupun roda enam sudah bisa melintas," kata Camat Kecamatan Sipirok, Sardin Hasibuan kepada ANTARA, Senin (23/8).

Semula Pemkab Tapsel, katanya, akan menurunkan alat berat untuk membersihkan tebing longsor yang terjadi pada Kamis (19/8) di titik Desa Dolok Sordang Julu (antara Kelurahan Bunga Bondar - menuju Desa Pargarutan Luat Harangan. 

Baca juga: Bupati Tapsel tinjau jalan rabat beton di Pasar Sipirok yang amblas

"Setelah berkoordinasi dengan Pak Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu dan melihat kondisi tebing longsor yang tidak begitu cukup parah, akhirnya di putuskan dengan cara bergotong royong melibatkan masyarakat Bunga Bondar termasuk Babhinsa, dan selesai," jelasnya.

Sebelumnya sesuai laporan Kepala Desa Dolok Sordang Julu Nasaruddin Siregar, sebagaimana di wartakan, longsor tebing lebih kurang setinggi lima meter yang nyaris menutup akses badan jalan antar desa itu terjadi pada Kamis (19/9) malam akibat hujan lebat melanda daerah itu. 

Terpisah, Bupati Tapanuli Selatan Dolly P.Pasaribu mengatakan mengapresiasi seluruh elemen masyarakat maupun TNI yang terlibat dalam bergoting royong demi lancarnya akses jalan keluar masuk desa menuju Kelurahan Bunga Bondar. 

"Saya mengucapkan terimakasih atas tingginya partisipasi masyarakat. Hal yang begini (sifat kegotong royongan) yang harus terus kita pelihara. Artinya dengan kondisi yang masih bisa ditangani (tanpa menurunkan alat berat) secara gotong royong bisa terselesaikan dengan baik," ujarnya. 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021