Ketua PAMK ( Pemuka Agama Mitra Kamtibmas ) Polres Padang Lawas ( Palas) Ustadz H Fauzan Hamidy Hasibuan meminpin doa pelepasan Tim SAR Gabungan TNI/ Polri beserta masyarakat untuk melakukan pencarian Parlaungan (47) yang dikabarkan hilang beberapa waktu lalu, di aliran Sungai Barumun, Sabtu (21/8/2021) siang.

Prosesi doa bersama ini, turut diikuti Kapolsek Barumun AKP Miftahuddin, Komandan ( Dan) Pos SAR Parapat H Turnip, Pejabat Kepala Desa Sihiuk Jamjam dan sejumlah tokoh masyarakat, alim ulama serta tokoh adat desa setempat.

"Ya Allah lindungilah kami dalam proses pencarian saudara kami Parlaungan yang hilang. Serta mudahkan dan pertemukanlah kami dengannya ( Parlaungan) dalam kondisi sehat dan selamat secepatnya, amin".pinta H Fauzan dalam kutipan doanya diacara ini.

Baca juga: Tim SAR cari orang hilang di Sungai Barumun

Selama proses pencarian yang sudah berlangsung selama sekitar empat hari atau sejak hari Selasa (17/8/2021) lalu, sebelumnya Dan Pos SAR Parapat H Turnip, kepada wartawan mengungkapkan, pihaknya telah menemukan Stik dan Kotak Setrum alat tangkap ikan milik Parlaungan warga yang hilang, di aliran dan bantaran Sungai Barumun tersebut. 

Stik setrum ikan itu, ditemukan hari Kamis (19/8/2021) kemarin, sekitar 500 meter dari lokasi awal penemuan sepeda motor Parlaungan ( Warga yang hilang) oleh masyarakat dan pihak keluarga saat proses pencarian yang dilakukan, hari Senin (16/8/2021) sore lalu. 

Pasca adanya informasi dari pihak keluarga yang menyatakan Parlaungan hilang atau belum pulang kerumahnya, kepada pemerintah desa dan masyarakat setempat. 

Sedangkan Kotak Setrum tersebut, sambung Turnip, ditemukan pada hari jumat ( 20/8/2021) semalam, sekitar 20 kilo meter dari penemuan awal sepeda motor tersebut.

Terkait proses pecarian dihari ke enam saat ini, Turnip berharap, pihaknya bersama tim gabungan tersebut, dapat segera menemukan warga yang hilang tersebut ( Parlaungan). 

Diketahui sebelumnya, Camat Lubuk Barumun Sulaiman Harahap, didampingi Sekretarisnya R. H. Adday Robi Harahap menuturkan, Parlaungan warga Desa Sihiuk yang dikabarkan hilang tersebut, selama ini berprofesi sebagi pencari ikan di aliran Sungai Barumun itu. 

Kepada masyarakat luas, ia mengajak sekaligus berharap, supaya mendoakan bersama agar Parlaungan yang hilang dan diduga hanyut dialiran sungai Barumun tersebut, dapat segera ditemukan dalam kondisi selamat dan sehat.

"Kepada pihak keluarga, kami mengucapkan turut prihatin atas peristiwa kejadian ini. Tetap bersabar, dan mari kita mendoakan bersama agar bapak Parlaungan segera ditemukan dalam kondisi selamat dan sehat, amin".tutur Sulaiman.

Pewarta: Ashari

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021