Pengendara roda dua dan roda empat di Kota Medan, Sumatera Utara pada Selasa berhenti sejenak tepat saat momentum peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pantauan ANTARA di persimpangan Jalan Pemuda, Selasa (17/8) sesaat sebelum sirine berbunyi, aparat kepolisian meminta seluruh warga di kawasan itu berhenti beraktivitas sejenak selama tiga menit termasuk para pengendara.
 
Tepat saat peringatan Detik-Detik Proklamasi pada pukul 10.17 WIB, para pengendara mengambil sikap sempurna selama tiga menit hingga pukul 10.20 WIB.
 
Baca juga: DPRD Medan desak pemkot bayar honor warga pelayan masyarakat
 
Di salah satu sudut kawasan itu, sekelompok warga yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Sumut dengan mengenakan seragam pejuang kemerdekaan juga tampak berdiri sambil membawa sepeda onthel yang dihiasi dengan bendera merah putih.
 
Setelah prosesi tersebut, para pengendara melanjutkan perjalanan dan pihak polisi kembali mengatur lalu lintas.
 
Pengambilan sikap sempurna itu sesuai instruksi pemerintah yang meminta seluruh masyarakat sejenak menghentikan aktivitasnya sebagai tanda penghormatan terhadap perjuangan para Pahlawan Kemerdekaan RI.

 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021