Kepala Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Jimmy Panjaitan bekerjasama dengan Pemkab Tapanuli Utara, Polres Taput, dan HKBP melaksanakan vaksinasi massal COVID-19 dosis pertama bagi masyarakat pelaku pariwisata dan  ekonomi kreatif di wilayah destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba.

"Saat ini, kita sedang melaksanakan vaksinasi, dimana sebanyak 500 dosis vaksin diberikan kepada 500 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif juga jemaat HKBP dan umat muslim di Kabupaten Tapanuli Utara," terang Jimmy Panjaitan, di Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit, Kecamatan Siborongborong, Taput, Sumut, Senin (16/8).

Disebutkan, kegiatan vaksinasi digelar dalam rangka mendukung program pemerintah mendorong pemberian vaksin untuk masyarakat secara massif, menyukseskan program vaksinasi yang dicanangkan oleh Presiden RI, demi terwujudnya percepatan penanganan covid-19 dan pembentukan 'herd immunity' masyarakat di kawasan pariwisata Danau Toba.

Baca juga: Warga desa terpencil di Taput kini nikmati listrik 24 jam sehari

Kata Jimmy, tujuan utama vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekraf untuk pencapaian 'herd immunity' masyarakat pariwisata yang sehat akan menciptakan kawasan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata super prioritas yang aman dari sisi kesehatan. 

Selain itu, program vaksinasi juga merupakan bagian dari pemulihan ekonomi di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, serta rencana percepatan pembukaan kembali objek wisata di kawasan Danau Toba saat pandemi COVID-19 sudah bisa ditangani.  

"Kesehatan adalah hal yang utama. Percuma kita punya alam yang sangat indah jika masyarakat di sekitar, khususnya para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif tidak sehat. Wisatawan tidak akan mau datang kalau tidak aman dari segi kesehatan," ujar Jimmy.

Dikatakan, program vaksinasi masih akan terus digalakkan di sejumlah kawasan (kabupaten) se-kawasan Danau Toba seperti halnya kegiatan vaksinasi yang digelar di zona otoritatif di kawasan Kaldera Toba pada 6 Agustus 2021 lalu, bekerja sama dengan Kodam I/ Bukit Barisan, akan dilanjutkan dengan vaksinasi di wilayah kabupaten se-kawasan Danau Toba lainnya. 

"BPODT telah melakukan vaksinasi di zona otoritatif di Kaldera Toba, dengan sasaran masyarakat sekitar. Selanjutnya akan terus kita laksanakan di zona koordinatif di 8 kabupaten se-kawasan Danau Toba," tukasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021