Creative Concept dan Direktur Expert Planet Design Indonesia, Oleg Sanchabakhtiar, pada webiner Literasi Digital untuk Kabupaten Asahan (23/7) memaparkan tema "Tips dan Trick Cara Membuat Konten Yang Menarik Bagi Generasi Milenial,"

Dalam pemaparannya, Oleg menjelaskan tips dan trik cara membuat konten yang menarik bagi generasi milenial antara lain, membuat konten yang orisinil, membuat headline yang menarik, isi memberikan informasi pengetahuan yang akurat,

Perspektif baru, menginspirasi, dengan kemasan yang sangat menghibur, durasi yang cukup,mempunyai jadwal tayang yang teratur, serta tau konten yang paling banyak diminati generasi milenial.

Baca juga: Kebebasan berekspresi harus memperhatikan etika dan regulasi

Konten yang paling banyak diminati seperti, hiburan, liburan, video viral, meme, inspirasi dan motivasi, gambar indah, kutipan, kisah menyentuh, tips dan trik, serta video tutorial. 

Tips dan trik konten yang dapat disebut menarik dan punya nilai positif berupa, berkualitas isi dan marketnya sesuai pasarnya, berkualitas mudah ditemukan, berkualitas mudah dibaca.

Berkualitas untuk bisa dibagikan, yang berkualitas akan mudah diingat, serta mengaplikasikan berkawan, berkarya, dan berbagi di Tanah Indonesia.

Dilanjutkan dengan sesi Keamanan Digital oleh, Sabam Parjuangan (Dosen Program Studi Sistem Komputer Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Asesor BANSM Provinsi Lampung).

Sabam menjelaskan data pribadi yang harus dijaga kerahasiaannya dan tidak dipublikasikan di media sosial mencakup, nomer id ktp, password, PIN, dan kode OTP. 

Tips saat berselancar menggunakan akun antara lain, membuat password yang kuat, berhati-hati melakukan unduhan, hidupkan mode privasi, pikirkan sebelum mengunggah, dan gunakan antivirus.  Trik mengamankan seluruh akun pribadi dan datanya dengan menggunakan atau mengaktifkan dua
faktor autentikasi atau 2FA. 

Trik mengamankan akun media sosial meliputi, gunakan email yang memiliki 2FA, selalu log out dari perangkat ketika sudah selesai menggunakan, tidak membagi password kepada siapapun, tidak mudah menyetujui pertemanan tanpa mengenalnya dengan baik.

Hati-hati dengan permintaan teruskan pesan yang masuk ke inbox, serta hati-hati menerima telpon
yang baru pertama kali melakukan panggilan.

Webinar diakhiri oleh, Michelle Wanda (Aktris, Presenter, dan Influencer dengan Followers 46,5 Ribu). 

Michelle menyimpulkan hasil webinar dari tema yang sudah diangkat oleh para narasumber berupa tips dan trik konten yang dapat disebut menarik dan punya nilai positif berupa, berkualitas isi dan marketnya sesuai pasarnya.

Berkualitas mudah ditemukan, berkualitas mudah dibaca, berkualitas untuk bisa dibagikan, yang berkualitas akan mudah diingat, serta mengaplikasikan berkawan, berkarya, dan berbagi di Tanah Indonesia. 

Kemampuan individu dalam mengakses internet, khususnya teknologi informasi dan komunikasi, harus dibarengi dengan literasi digital. Sehingga individu dapat mengetahui mana konten yang positif dan bermanfaat juga konten yang negatif. 

Serta, berita hoaks dapat berdampak buruk bagi generasi muda karena dapat memicu perpecahan,baik antar individu maupun antar kelompok tertentu serta dapat menurunkan reputasi korban dan menguntungkan pihak tertentu. 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021