Praktisi Pendidikan Dr. Siti Nabilah menyebutkan peran orang tua sangat penting dalam memberikan pengajaran tentang keamanan internet kepada sang buah hatinya.

Hal itu ia sampaikan pada webiner Literasi Digital, Selasa, 6 Juli 2021.

Siti menjelaskan manfaat internet, diantaranya sebagai sarana mencari informasi, sarana mempermudah mencari referensi, dan lain-lain. Namun, ada juga bahaya pada internet, salah satunya cyberbully. 

Tentunya peran orang tua sangat penting dalam memberikan pengajaran internet, biasanya orang tua bisa dimulai dari memberikan kepercayaan pada anak, lalu mengedukasi, dan mengontrol. 

Diskusikan dengan anak siapa role model mereka di dunia digital. Jika mendapati anak mengakses konten negatif, coba tengkap perasaannya, cek pemahaman dan lakukan debrif persepsi yang tepat/benar.

Baca juga: Tips mengatasi hoax

Dosen Tetap STMIK Royal Kisaran Arrida Zikra Syah pada sesi Digital Culture menyampaikan pengertian tagihan online merupakan pencatatan kewajiban pembayaran (hutang) antara debitur dengan kreditur dalam bentuk media digital secara online. 

Untuk meminimalkan resiko keterlambatan atau tunggakan, menurut Arrida lakukan pengawasan dan peninjauan terhadap kredit yang sedang berjalan. 

Sedangkan untuk mempermudah penagihan online, diantaranya merancang aplikasi e-invoice, mendaftarkan aplikasi penyedia layanan ke OJK, penerimaan notifikasi otomatis atas pembayaran tagihan dan sebagainya. 

Diakhir pembahansannya, Arrida menjelaskan cara cerdas menyikapi tagihan online diantaranya telitilah sebelum memilih P2P, bayarlah sebelum dan atau tepat pada tanggal jatuh tempo apapun bentuk tagihannya dan Laporlah segera kepada apabila ada perbuatan tidak menyenangkan dari kreditor. 

Dilanjutkan sesi Digital Skill, oleh Melanie Sobono (Aktivis dan Seniman).  Melanie memberikan tips apa saja yang dapat dilakukan saat ini lewat digital seperti, seminar dan edukasi dari rumah, toko menjadi online, gerakan sosial atau berdonasi, liburan 3D atau virtual tour, dan mengetahui kadar oksigen. 

Cakap digital di era pandemic memudahkan masyarakat karena dapat dilakukan dimana saja dan kapanpun, dapat menghasilkan uang dari hobi digital, dan berguna tanpa membahayakan kesehatan.

Webinar diakhiri oleh Agrippina Brescia (Content Kreator, Tiktok & Influencer, followers 97,4 ribu), dengan membahas tentang peningkatan transaksi online baik melalui media sosial maupun internet dan masyarakat sudah mulai paham dimana ada banyak peluang bisnis melalui digital platform. 

Tetapi tetap diingatkan untuk selalu berhati hati dalam menggunakan e commerce dan tetap waspada, terutama untuk para orang tua dalam mengawasi anak anaknya dalam aktifitasnya di dunia maya.

 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021