Dosen Tetap STMIK Royal Kisaran, Jeperson mengatakan sangat penting artinya  bijak sebelum mengunggah di sosial media dengan cara mempertimbangkan dalam mengunggah. Jangan oversharing atau membagikan hal pribadi secara berlebihan. 

Jejak digital tidak dapat hilang jika mengunggah informasi di internet. Jejak digital terdiri dari jejak digital pasif dan jejak digital aktif. 

"Tips menjaga jejak digital tetap bersih diantaranya, memeriksa jejak digital, bijak sebelum menulis, perhatikan perangkat mobile, dan bangun citra diri yang positif," katanya pada webiner Literasi Digital, Rabu (7/7).

Baca juga: Tips mengatasi hoax

Sesi Digital Skill, oleh Psikolog Davita variani yang juga HR Manager Cybers Group dan Direktur SDM &Talenthub Digital Indonesia.  

Davita memberikan materi dengan tema “Keterampilan yang harus dikuasai di era digital.

Davita memaparkan kemudahan di era digital seperti, mudahnya berkomunikasi, cashless, dan internet lebih berkuasa dari pada pulsa. 

Keterampilan yang harus dimiliki di era digital adalah hard skill seperti paham cara pengoperasian gadget dan laptop serta keahlian menggunakan software. 

Keterampilan soft skill seperti problem solving, komunikasi atau public speaking, dan berpikir kreatif dan inovatif.

Webinar diakhiri oleh Nania Yusuf (Mucisian, 3rd Winner Indonesian Idol 2004, dan Influencer 31,6 ribu). Nania menyimpulkan dari tema yang sudah dibahas para narasumber berupa, jadilah orang yang cakap dan berpengatahuan dan kecakapan dengan literasi digital.

Jejak digital tidak dapat hilang jika mengunggah informasi di internet, keterampilan yang harus dikuasai di era digital ialah hard skill dan soft skill, juga berhati-hati dalam memposting sesuatu karena bahaya terhadap jejak digital.
 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021