Unit Pelayanan Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Wiayah Sumatera Utara (Sumut) akan melakukan kerjasama (MoU) dengan pemerintah kabupaten (Pemkab) Asahan.

Kerjasama tersebut bertujuan untuk meningkatkan penguatan skema penempatan Pekerja Migran terampil dan profesional." Kita akan melakukan kerjasama dengan Pemkab Asahan," demikian kata Kepala UPT BP2MI Wilayah Sumut Syahrum, saat beraudiensi dengan Bupati Asahan, Senin (06/07/21) di rumah dinas Bupati setempat.

Baca juga: Trima KAL, Lanal Tanjungbalai-Asahan siap jaga Selat Malaka

Syahrum menjelaskan kerjasama tersebut untuk tahap awal  hanya dilakukan 3 Kabupaten/Kota yang ada di Sumut yakni Kabupaten Asahan, Deli Serdang dan Simalungun.

Syahrum juga mengatakan BP2MI  merupakan sebuah lembaga Pemerintah non departemen di Indonesia yang mempunyai fungsi pelaksanaan kebijakan di bidang penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia di luar negeri secara terkoordinasi dan terintegrasi.

"Dalam MoU nanti salah satu pointnya adalah memberikan pelatihan bagi pra dan purna pekerja migran Indonesia (PMI)," ujar Syahrum

Sementara itu, Bupati Asahan H. Surya, BSc, menyampaikan dukungannya atas kegiatan yang diprogramkan BP2MI untuk Asahan. " Semoga kegiatan tersebut memberikan manfaat untuk masyarakat Kabupaten Asahan," kata Surya.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021