Kementerian BUMN berkomitmen membantu Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, dalam upaya mengatasi banjir yang kerap terjadi di daerah itu, terutama pada musim hujan.
 
"Seperti yang kita lakukan hari ini ikut melakukan susur sungai di aliran Sungai Deli, untuk melihat langsung bagaimana kondisi aliran sungai ini," kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga saat acara peletakan batu pertama pembangunan taman edukasi bencana di kawasan Jalan Perdana, Medan, yang berada di daerah aliran Sungai Deli Kota Medan, Senin (28/6).
 
Sebagai bentuk implementasi dari komitmen tersebut, ia meminta seluruh insan BUMN untuk menggalakkan budaya susur sungai yang selama ini telah dilakukan Pemkot Medan, sebagai upaya memulihkan kondisi sungai dan mencegah terjadinya banjir.

Baca juga: Wali Kota Medan ajak BUMN peduli sungai dengan Program Susur Sungai
 
"Kami dari BUMN, apa yang bisa kita bantu, akan kami bantu. Ini adalah bagian dari kontribusi kami BUMN dalam membantu masyarakat di Kota Medan," ujarnya.
 
BUMN juga akan berkontribusi dalam mengembangkan potensi sungai, seperti pembangunan taman edukasi bencana.
 
"Tadi ada permintaan untuk bikin perahu, kita akan siapkan perahu dan bantuan lainnya. Dengan susur sungai setiap Minggu, itu akan membantu kita mengetahui apa yang perlu kita bantu. Intinya kita sebagai BUMN ikut mensupport pembangunan di Kota Medan," ujarnya.
 
Sementara itu Wali Kota Medan Bobby Nasution yang juga hadir di lokasi tersebut mengatakan bahwa kondisi sungai di Kota Medan hingga saat ini masih belum baik. Masih banyak ditemukan warga yang membuang sampah ke aliran sungai.
 
Ia mengatakan bahwa kondisi sungai yang kotor menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir yang kerap terjadi di Kota Medan.
 
"Untuk itu hari ini kami mengajak teman-teman dari BUMN yang ada di wilayah Kota Medan melihat langsung kondisi sungai," ujarnya.
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021