PT Aqua Farm Nusantara bekerja sama dengan Puskesmas Ajibata Toba dan Puskesmas Lontung Samosir, Sumatera Utara menggelar program uji cepat antigen COVID-19 di Samosir dan daerah lain di wilayah operasional untuk membantu pemerintah menekan penyebaran COVID-19. 

"Pemeriksaan antigen dimulai hari ini dengan lokasi di Pangambatan, Kabupaten Samosir. Pemeriksaan akan dilanjutkan ke daerah lain di wilayah kerja perusahaan termasuk kantor budidaya ikan," ujar Head of Corporate Affairs & Sustainability PT Aqua Farm Nusantara, David Tampubolon di Samosir, Selasa (22/6). 

Menurut dia, pemeriksaan antigen COVID-19 yang merupakan salah satu "Program Keberlanjutan KAMI PEDULI" Aqua Farm itu untuk mendukung upaya pemerintah menekan penyebaran COVID-19. 

Baca juga: Angka kematian COVID-19 di Sumut bertambah jadi 1.158 orang

Dia menjelaskan, dalam kemitraan itu Puskesmas Ajibata dan Puskesmas Lontung akan membantu PT Aqua Farm Nusantara dalam pelaksanaan tes cepat antigen COVID-19 dan protokol kesehatan lainnya untuk karyawan perusahaan yang bekerja di lima lokasi perusahaan di Kabupaten Toba dan Kabupaten Samosir. 

Sedangkan Aqua Farm akan menyediakan semua pasokan medis yang dibutuhkan untuk program tersebut.

"Aqua Farm sendiri  telah menerapkan rencana penanganan risiko COVID-19 di lingkungan perusahaan sejak Februari 2020," katanya. 

Prosedur operasi standar itu harus diikuti oleh semua karyawan untuk mengurangi risiko penyebaran COVID-19 di tempat kerja. 

"Sejak Juli 2020 perusahaan telah melaksanakan 8.500 tes cepat COVID-19 dan ratusan tes PCR lanjutan," ujarnya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021