Dalam sidang paripurna, Bupati Asahan, H Surya Bsc memaparkan dan penjelasan ranperda tentang rancangan pembangunan jangka menegah daerah (RPJMD) kabupaten Asahan tahun 2021-2026 kepada pihak legislatif, Kamis (17/06/21) digedung dewan setempat.

"Dengan segala kerendahan hati, kami kembali memohon dukungan anggota dewan, forkopimda dan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama kita mengatasi segala bentuk kelemahan, keterbatasan, ancaman dan tantangan yang akan kita hadapi dalam mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter," ungkap Surya.

Baca juga: Bupati Asahan buka pertemuan penyusunan grand design pembangunan kependudukan

Dalam sidang paripurna tersebut Bupati menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang RPJMD tersebut juga membuat beberapa strategi yang akan dilakukan oleh Pemkab Asahan dalam mencapai visi dan misi. Diantaranya percepatan penerapan kebijakan reformasi birokrasi melalui kebijakan antara lain digitalisasi birokrasi.

Kemudian penerapan reward and punishment bagi aparatur, peningkatan kualitas SDM dan kesejahteraan aparatur serta peningkatan pengawasan akuntabilitas kinerja, pengembangan smart city bagi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik melalui kebijakan antara lain pengembangan e-goverment secara terpadu, KTP tangguh dan pelayanan delivery system adminduk.

Selanjutnya, pengembangan Bumdes sebagai upaya meningkatkan perekonomian desa dan pengembangan kampung mandiri, peningkatan pemerataan dan kualitas layanan kesehatan melalui kebijakan antara lain pengembangan sarana dan prasarana kesehatan yang berkualitas setor kejangkau, penataan manajemen RSUD pembinaan dan peningkatan peran serta masyarakat dalam Kepesertaan Jaminan Kesehatan, membangun Rumah Sakit Berstandar Nasional, berobat gratis bagi masyarakat miskin, percepatan penanganan stunting dan percepatan penanganan covid 19.

“ Cukup banyak rancangan kedepan, namun kami menyadari bahwa keberhasilan ini akan sangat tergantung dengan kondisi negara dan daerah kita serta dukungan semua pihak,” ujar Surya.

Surya juga mengatakan dalam menjalankan rancangan tersebut ada hambatan yang mungkin akan dihadapi. Yakni pandemi covid 19 yang sampai saat ini diketahui sampai kapan akan berakhir.

“ Kita sudah belajar dari pengalaman dalam 2 tahun terakhir bahwa sebaik apapun perencanaan yang sudah kita buat, kita harus siap melakukan perubahan secara cepat,” sebutnya.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021