Pemkot Sibolga di bawah kepemimpinan Wali Kota H. Jamaluddin Pohan dan Wakil Wali Kota Pantas Maruba Lumbantobing, akan membangun Pasar Ikan Modern di lahan tangkahan Budi Jaya Sibolga, di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Sibolga, Sumatera Utara.

Kadis PKPP Sibolga Ir. Binsar Manalu melalui Diskominfo Kota Sibolga menjelaskan, bangunan Pasar Ikan Mina milik Pemko Sibolga yang ada saat ini kondisinya sudah mengalami kerusakan, dan kapasitasnya juga kecil, sehingga tidak dapat menampung para pedagang ikan. Maka untuk peningkatan distribusi hasil perikanan yang lebih baik, dibutuhkan sarana pemasaran yang lebih baik, bersih, higienis dan modern.

Baca juga: Ahmad Syukri Penarik, dari ajudan hingga miliki ajudan

“Karena kecilnya Pasar Ikan Mina itu, akhirnya Jalan KH. Ahmad Dahlan Sibolga digunakan pedagang untuk berjualan. Akibatnya jalan KH. Ahmad Dahlan yang dibangun menelan anggaran puluhan miliar itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya untuk lalu lintas kendaraan. Dampaknya kemacetan di Jalan SM. Raja dan Jalan Merpati pun tidak terelakkan. Maka pembangunan lahan milik negara yang dalam hal ini Pemko Sibolga, yang dikuasai Tangkahan Budi Jaya selama puluhan tahun, akan dijadikan Pasar Ikan Modern, menjadi solusi Multiplier Effect,” katanya, Senin (14/6).

Dia pun meyakini, bahwa pengembangan dan pembangunan Pasar Ikan Modern di lahan yang dikuasai Tangkahan Budi Jaya banyak manfaat (multiplier effect), terkhusus bagi masyarakat yang berdomisili di sekitar lahan tersebut. Usaha perikanan akan tumbuh dengan adanya kenyamanan berusaha, tentu berdampak pada penyerapan tenaga kerja bidang perikanan bagi masyarakat sekitar. Dan PAD Kota Sibolga pun tentu meningkat, kemacetan teratasi, tata kota Sibolga pun menjadi indah.

Ditambahkannya, bahwa berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Madya Sibolga Nomor: 012/8083/Tahun 1998, tentang Rencana Penggunaan/ Pemanfaatan Bangunan/ Tanah Asset Pemerintah Daerah Kota Madya Dati II Sibolga, bahwa asset lahan yang dikuasai Tangkahan Budi Jaya ini, pada awalnya diperuntukkan untuk pembangunan kantor pemungutan retribusi pencatatan kapal dan Pengujian Kapal Perikanan.

Dengan berdirinya nanti Pasar Ikan Modern ini, maka visi-misi Pemkot Sibolga menjadikan masyarakat Sibolga yang Sehat, Pintar dan Makmur semakin terwujud.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021