Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara melakukan vaksinasi massal untuk 10 ribu orang dipusatkan di P3UD Deli Tanjung Morawa dalam upaya menekan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di daerah itu.

Bupati Deliserdang Ashari Tambunan saat meninjau vaksinasi massal tersebut di Deliserdang, Selasa (8/6), mengatakan vaksinasi itu juga diselenggarakan serentak di 34 puskesmas yang tersebar di 22 kecamatan di daerah itu.

Hal yang perlu dilakukan oleh masyarakat, katanya, datang ke tempat vaksinasi dengan membawa KTP untuk kemudian memperoleh vaksin.

Baca juga: Pasien COVID-19 sembuh di Sumut bertambah jadi 29.223 orang

Vaksinasi itu, kata dia, salah satu upaya paling penting untuk meningkatkan imunitas masyarakat.

"Kalau imunitas ini tercapai maka insyaallah pandemi COVID-19 bisa dikendalikan. Dengan demikian masyarakat bisa hidup normal seperti sedia kala, kehidupan ekonomi sosial dan yang lebih penting lagi anak-anak kembali ke bangku sekolah mengikuti pelajaran sebagaimana sebelum pandemi COVID-19," katanya.

Ia mengatakan pemerintah berupaya terus-menerus melakukan kegiatan yang memastikan masyarakat mengikuti protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari di tengah pandemi.

Baca juga: 11,3 juta penduduk Indonesia sudah jalani vaksinasi COVID-19

Disamping itu, katanya, pemerintah berupaya mencegah jatuhnya korban dan banyaknya orang yang terpapar virus.

Untuk itu, katanya, upaya yang dilakukan Pemkab Deli Serdang menyegerakan perawatan bagi setiap warga yang terpapar COVID-19, terlebih jika ia berusia lanjut dan memiliki penyakit bawaan.

Semakin cepat orang dirawat, katanya, semakin tinggi tingkat keberhasilan pemulihan kesehatannya.

"Sampai hari ini telah dilaksanakan vaksin sebanyak 293.164 orang, belum termasuk yang 10 ribu ini. Pemerintah pusat menargetkan 70 persen masyarakat sudah di vaksinasi, Pemkab Deli Serdang menargetkan 70 persen dari jumlah masyarakat Kabupaten Deli Serdang tervaksinasi," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021