Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, menabur sekitar 4.000 ekor benih ikan di Sungai Deli dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Mei 2021. 

Wali Kota Medan Bobby Nasution di Medan, Sabtu (5/6), mengatakan pihaknya juga melakukan penanaman bibit pohon mangga di lokasi yang sama ditemani istrinya Kahiyang Ayu.

"Penanaman bibit pohon mangga dan penaburan ikan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dihelat Yayasan Kopasude (Komunitas Peduli Anak dan Sungai Deli) di kawasan Kanal Deli Bersinar, Medan Johor," katanya. 

Baca juga: Pemkot Medan bubarkan pengunjung kafe yang melebihi jam operasional

Bobby juga sempat melihat tumpukan karung goni di lokasi hutan kota tersebut dan banyak sampah yang mengambang dekat pintu air, sehingga menyebabkan aliran air ke Sungai Deli menjadi tidak lancar. 

"Saya minta seluruh tumpukan karung goni berisi tanah dibersihkan dari kawasan hutan kota ini. Saya berharap pihak kecamatan dapat menggunakannya menjadi tanggul, terutama di kawasan yang rentan banjir," katanya.

Ketua Kopasude, Agung Rizki, mengapresiasi kehadiran Wali Kota bersama Ketua TP PKK Medan yang sekaligus membuktikan pasangan ini memiliki perhatian besar dalam mengatasi persoalan lingkungan hidup.

Pihaknya berharap wali kota tetap maksimal dalam memperbaiki kerusakan ekosistem di sepanjang Sungai Deli.

"Kopasude komit mendukung usaha wali kota dalam menangani banjir Sungai Deli dan Kota Medan," ucap Agung.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021