Ribuan warga kelompok Lanjut Usia (Lansia) dari 15 Kecamatan se Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mendapat vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan secara massal di tiga zona, Kamis (27/5).

Menurut Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu pelaksanaan vaksinasi ini berlangsung dua hari diikuti 2000 Lansia dengan melibatkan sejumlah tenaga medis. 

Tiga titik kegiatan vaksinasi massal yakni di Gedung Serba Guna Komplek Perkantoran Pemkab Tapsel di Kecamatan Sipirok, di Kecamatan Angkola Muaratais dan Kecamatan Batang Toru terpantau secara virtual.

Baca juga: Bupati Tapsel serahkan 310 sertifikat tanah kepada masyarakat Angkola Sangkunur

Dikatakan, sesuai laporan Satgas Penanganan COVID-19 Tapsel bahwa vaksin yang disuntikkan tersebut merupakan vaksin sinovac. Pelaksanannya sendiri dibantu pengawalan petugas Kepolisian Tapsel dan personel Kodim 0212/TS.

Seyogianya pencanangan vaksinasi massal dengan target 4000 Lansia (masing-masing 2000 untuk warga Tapsel dan 2000 warga Lansia Padang Lawas Utara) dihadiri langsung Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak namun batal hadir akibat faktor cuaca.

Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap juga mengatakan bahwa pihaknya juga serempak dengan Tapsel melaksanaan vaksinasi massal 2000 Lansia dilaksanakan dua hari Kamis - Jumat (27-28 Mei/2021).

Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj mengatakan dalam pelaksanaan vaksinasi massal di wilayah hukumnya (Tapsel dan Paluta) peran Polisi menjaga keamanan.

"Harapan kita para Lansia yang telah mendapatkan vaksinasi ini dapat menjadi duta-duta bagi yang lainnya mengajak warga lainnya mendapatkan vaksin COVID-19," harapnya. 

Forkopimda Tapsel dan Paluta berharap agar maayarakat tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan terhadap penularan dan penyebaran COVID-19. Vaksinasi ini diharap dapat meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari COVID-19.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021