BMKG Wilayah I Medan dan Stasiun Geofisika Deli Serdang melakukan audiensi dengan  BPBD Provinsi Sumatera Utara dalam upaya sinkronisasi diseminasi cuaca ektrim dan gempa gempa bumi, Jumat (28/5) 

Dalam audensi ini, BMKG langsung diterima oleh Kepala Bidang I, Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Gelora Sinulingga yang dalam kesempatan itu menyebutkan 
berdasarkan diseminasi BMKG terhadap kewaspadaan bencana hidrometeorolgi dan kegempaan yang sering terjadi di Sumatera Utara, sikronisasi BPBD Provinsi Sumatera dan BMKG dengan produk layanan yang disebarkan oleh BMKG menjadi sangat penting untuk diteruskan kepada masyarakat. 

Baca juga: BMKG ingatkan potensi bencana hydrometeorology di Sumatera Utara

Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Hartanto menjelaskan audensi ini untuk menjaga koordinasi dan sikronisasi dengan BPBD Provinsi Sumatera Utara dalam menyebarkan produk layanan cuaca ektrim dan kegempaan yang berpotensi di Sumatera Utara. 

Secara umum Sumatera Utara merupakan provinsi yang tingkat kebecanaan hidro meteorolognya (banjir dan longsor) cukup tinggi.

Baca juga: BMKG ingatkan masyarakat waspada banjir rob di wilayah pesisir

 Peningkatan jumlah curah hujan di daerah pegunungan pada bulan terakhir ini juga sangat berdampak pada kejadian kebencanaan di Sumatera Utara.

Sementara Agus Rianto Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang, Sumatera Utara merupakan daerah tingkat kegempaan nya cukup tinggi, dan sangat dipengaruhi oleh Patahan Sumatera, patahan lokal dan potensi kegempaan di zona megathrust dan zona outer rise. Dalam 

Audensi ini merupakan tindak lanjut dari kesiap siagaan BPBD Provinsi sebagai stakeholder BMKG dalam menyebarkan dan penguatan BPBD dalam menyebarkan informasi yang di teruskan oleh BMKG Wilayah I Medan.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021