Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara mencanangkan gebyar vaksin bagi 6.000 orang lanjut usia  bertepatan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun Lansia ke-25 pada 29 Mei 2021.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Serdang Bedagai, Akmal di Sei Rampah, Kamis (20/5), mengatakan Gebyar Pencanangan Vaksin tersebut mengangkat tema "Lansia Sehat Bersama Keluarga" diharapkan dapat menyasar kepada para lansia yang rentan terhadap penyakit.

Selain itu vaksin untuk lansia ini juga sebagai upaya memutus mata rantai pandemi COVID-19.

Untuk menyukseskan perhelatan tersebut, diminta kepada Kepala Dinas Pendidikan agar mengkoordinir para guru melalui korwil kecamatan untuk menjadi pendamping lansia dengan menetapkan satu orang guru membawa 1 orang Lansia serta melakukan koordinasi dengan Camat melalui skrining pada 19-21 Mei 2021.

Baca juga: Pemkab Sergai launching GAK untuk umat Nasrani

Ia menyebutkan terkait informasi yang akan disampaikan oleh pihak kecamatan sebagai locus untuk pencanangan yaitu Kecamatan Pantai Cermin sebanyak 250 orang dengan porsi masing-masing terdiri dari 125 orang lansia dan 125 orang guru.

Kecamatan Perbaungan 500 orang, Kecamatan Sei Rampah 250 orang dan Kecamatan Pegajahan 250 orang dengan porsi masing-msing seperti di Kecamatan Pantai Cermin.

"Sebanyak 1.250 orang ini nanti akan divaksin bertepatan dengan Gebyar Pencanangan Vaksin di SMKN 1 Perbaungan. Sedangkan sisanya akan divaksin di puskesmas yang ada disetiap kecamatan," katanya.

yang terpenting saat ini, lanjut dia, adalah menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat yang memiliki orang tua utamanya harus memahami pentingnya vaksinasi untuk melindungi mereka.

"Untuk masyarakat yang memiliki keluarga lansia, agar jangan ragu-ragu menginformasikan kepada mereka bahwa vaksinasi ini penting dan aman," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021