Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim, sekaligus menjadi salah satu masa yang paling menantang bagi industri layanan pesan-antar makanan. Misalnya, para konsumen menggunakan GrabFood secara berbeda dibandingkan dengan bulan lainnya.

Data GrabFood menunjukkan bahwa pesanan para konsumen terkonsentrasi di waktu-waktu menjelang berbuka puasa di antara pukul 4 dan 5 sore. Di luar bulan Ramadan, jam sibuk terbagi secara merata di waktu makan siang dan makan malam.

Oleh karena itu, hal ini tentu dapat membebani mitra pengantaran, merchant dan juga platform kami. Oleh karena itu, setiap tahun, tim teknologi dan operasional Grab kami bersiap-siap selama berbulan-bulan sebelum Ramadan untuk merencanakan aspek operasional di periode ini.

Dengan fitur aplikasi yang disempurnakan, keterlibatan mitra pengemudi dan merchant sejak awal, dan dukungan 24/7 dari tim GrabFood, kami berharap dapat memberikan layanan yang dapat diandalkan oleh konsumen kapan saja sepanjang hari, sekaligus membantu merchant memperoleh penjualan yang maksimal dan memberikan pengalaman konsumen yang bermutu.

Upaya tersebut meliputi Inisiatif Ekstra untuk Pengalaman Konsumen yang Luar Biasa, yang terdiri atas fitur Pesanan Terjadwal, Ambil Sendiri, dan Transparansi Estimasi Waktu Kedatangan (ETA).

Kemudian, Kelola Pesanan Secara Efisien untuk Pengalaman Konsumen yang Lebih Baik, yang terdiri atas fitur Mode Sibuk untuk Membantu Mengelola Ekspektasi Konsumen, Manajemen Inventaris melalui Aplikasi GrabMerchant, dan Persiapan dari tim GrabFood sebelum Ramadan.

Lalu, Meningkatkan Ketersediaan & Efisiensi Mitra Pengiriman yang meliputi Survei dan Insentif Mitra Pengiriman, dan Peningkatan Radius Pencarian dan Pengelompokan Pesanan.

Untuk memastikan bahwa semua inisiatif berjalan dengan lancar, tim teknologi Grab juga siap siaga selama 24/7 untuk mendukung setiap masalah yang mungkin terjadi.

"Sebagai layanan pesan-antar makanan terkemuka di Indonesia, GrabFood berupaya untuk memberikan layanan pesan-antar makanan yang istimewa dan pengalaman konsumen yang menyenangkan di setiap kesempatan. Kami tahu betapa pentingnya makanan selama Ramadan, karenanya tim kami bekerja sangat keras untuk melayani dan mendukung para pengguna dan mitra kami. Melalui fitur aplikasi yang disempurnakan, keterlibatan mitra pengemudi dan merchant sejak awal, dan dukungan 24/7 dari tim GrabFood, kami berharap dapat menjadi layanan yang dapat dipercaya konsumen kapan saja,” ujar Hadi Surya Koe, Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021